Komunikasi Kepemimpinan Perusahaan Broker Property dalam Membangun Loyalitas Marketing Associate

Eulis Anisah, Iwan Sukoco, Tety Adyawanti

Abstract


Membangun dan memelihara loyalitas marketing associate (MA) pada perusahaan broker property merupakan kendala yang umum dihadapi, termasuk pada Sinergis Property Consultant (SINPROCO) Bandung. Besarnya persingan di antara perusahaan sejenis serta sistem kerjanya memberikan peluang besar para MA untuk secara bebas berpindah tempat kerja, atau mendirikan perusahaan sendiri. Padahal tujuan perusahaan tidak akan tercapai dengan baik tanpa loyalitas MA. Maka dibutuhkan kepemimpinan yang efektif yang dapat membangun dan memelihara loyalitas MA. Melalui kegiatan-kegiatan yang diterapkan oleh kepemimpinan pada SINPROCO Bandung, yaitu: membangun kesamaan persepsi antara perusahaan dengan MA melalui sosialisasi nilai-nilai perusahaan, pembenahan aspek kelembagaan, membangun komunikasi internal dan memberikan perhatian terhadap aspek pekerjaan MA, maka upaya untuk membangun dan memelihara loyalitas MA dapat terkomunikasikan, meskipun belum sepenuhnya sesuai dengan loyalitas ideal yang diharapkan.


Full Text:

Pdf

References


Cutlip, Scott M., Allen H. Center, Glenn M. Broom. 2009. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2010. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Saefullah, Aep. 2010. Kiat Menjadi Pemimpin Sukses. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.