SHARI’AH ENTERPRISE THEORY (AMANAH) PADA PENDEKATAN BEHAVIORAL ACCOUNTING DALAM MENILAI SHARI’AH MICROFINANCE (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah Lamongan)

Eny Latifah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Shari’ah Enterprise Theory khsusnya tingkat amanah dengan pendekatan behavioral accounting dalam kinerja manajerial koperasi syariah Lamongan dengan study kasus koperasi BMT Bina Ummat Sejahtera Lamongan. Penerapan amanah dalam menjalankan manajerial di Microfinace seperti koperasi syariah memang tidaklah sulit untuk memberikan penilaian, karena Sumber Daya Manusia dalam hal ini adalah karyawan yang ada dikoperasi syariah jumlahnya minim sehingga sistem pengontrolan dan penilaian kinerja lebih efektif dan efesien. Hasi penelitian ini adalah karyawan yang ada di koperasi syariah Lamongan mampu menerapkan Shari’ah Enterprise Theory dalam aplikasi nilai amanah dan tanggungjawab yang diberikan anggota koperasi kepada pengelola koperasi syariah mampu dijalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan. Karyawan koperasi tidak hanya menjaga hablum minan naas akan tetapi juga menjaga hablum mina Allah, sehingga dalam menjalankan amanah dan tanggungjawab bisa dijalankan dengan ikhlas karena apa yang kita kerjakan di dunia ini tidak luput dari pantauan dari Allah SWT.


Full Text:

PDF


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara Nusantara Bandung.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.