Persepsi Mahasiswa Muslim Terhadap Investasi Produk Syariah di Pasar Modal dalam Kajian Theory Planned Behaviour

Authors

  • Dwi Junianto STIE Perbanas Surabaya
  • Joko Sabtohadi Balitbangda Kabupaten Kutai Kertenagara
  • Dita Hendriani IAIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30999/jsn.v1i1.768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minat bagi kalangan investor muda yaitu mahasiswa muslim dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Kajian ini berlandaskan theory of planned behavior yang menjelaskan hubungan antara sikap dengan perilaku seseorang dengan konstruk attitude toward behavior, subjective norm dan perceived behavior control. Populasi penelitian adalah mahasiswa FTIK IAIN Tulungagung pada semester 5. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan di dapatkan sebanyak 84 responden. Data primer digunakan dalam penelitian ini yang diolah memakai Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian didapatkan bahwa attitude toward behavior, subjective norm dan perceived behavior control berpengaruh positif dan signifikan akan minat berinvestasi saham syariah di pasar modal syariah. Motivasi yang kuat di kalangan investor muda ini karena adanya pemahaman, pengetahuan, manfaat dalam berinvestasi.

References

Ajzen, I. (1991). Organizational Behavior and Human Decision Process. The Theory of Planned Behavior.
Amherst?: University of Massachuseuts, 179–211.
Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal EcoGen, 2(4), 734–746.
Deviyanti, L.P.A.E., I Gusti Ayu Purnamawat, & I Nyoman Putra Yasa. (2017). Pengaruh norma subjektif, persepsi return, dan literasi keuangan terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi saham di pasar modal (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). E- Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–12.
Luky, M. R. (2016). Minat Berinvestasi Di Pasar Modal: Aplikasi Theory Planned Behaviour Serta Persepsi Berinvestasi Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–13.
Malhotra. (2015). Riset Pemasaran (Edisi 4). Jakarta: PT. Indeks.
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 61–84.
Miniard, P. W., & Cohen, J. B. (1981). An Examination of the FishbeinAjzen Behavior-Intention Model’s Concepts and Measures. Journal of Experimen Social Psychology, 17, 309–339.
Muttaqien, D. (2009). Aspek Legal Lembaga Keuangan Syari’ah. Yogyakarta: Safitri Insania Perss.
Rahmawati, N, & Maslichah. (2018). Minat berinvestasi di pasar modal: Aplikasi theory planned behaviour serta persepsi berinvestasi di kalangan mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 41–54.
Wahyuni, D. U. (2008). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Menajemen, 10, 30–37.
Yogatama, L. A, M. (2013). Analisis Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavior Control Terhadap Intensi Penggunaan Helm Saat Mengendarai Motor Pada Remaja dan Dewasa Muda di Jakarta Selatan. Prosiding PESAT, 5.

Downloads

Published

2020-04-09

Issue

Section

Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah