PENGARUH KETERAMPILAN, KONSEP DIRI DAN KARAKTERISTIK PRIBADI TERHADAP KINERJA FRONTLINER DI BPRS HARUM HIKMANUGRAHA WILAYAH GARUT

Nur’aeni Nur’aeni, Fitri Fitrohaeni

Abstract


Berdasarkan hasil observasi, bahwa yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kinerja karyawan frontliner masih kurang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pelayanan yang kurang ramah, waktu layanan yang relatif lama, tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya, kurangnya kemauan karyawan dalam meningkatkan kemampuan, serta kurang terjalinnya kerjasama antar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan, konsep diri dan karakteristik pribadi terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian ini adalah kinerja karyawan frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut. Jenis penelitian adalah kuantitatif asosiatif dan jenis datanya adalah primer. Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, kuisioner dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil thitung > ttabel (4,436 > 2,179), konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil thitung > ttabel (13,237 > 2, 1790), karakteristik pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil thitung > ttabel (0,636 < 2,179), serta keterampilan, konsep diri dan karakteristik pribadi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil Fhitung > Ftabel (78,134 > 3,49).

 


Full Text:

PDF


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara Nusantara Bandung.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.