Pengaruh Keterampilan, Konsep Diri dan Karakteristik Pribadi Terhadap Kinerja Frontliner di BPRS Harum Hikmanugraha Wilayah Garut

Authors

  • Nur’aeni Nur’aeni Ma’soem University, Sumedang
  • Fitri Fitrohaeni Ma’soem University, Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.30999/jsn.v1i1.767

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, bahwa yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kinerja karyawan frontliner masih kurang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pelayanan yang kurang ramah, waktu layanan yang relatif lama, tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya, kurangnya kemauan karyawan dalam meningkatkan kemampuan, serta kurang terjalinnya kerjasama antar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan, konsep diri dan karakteristik pribadi terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian ini adalah kinerja karyawan frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut. Jenis penelitian adalah kuantitatif asosiatif dan jenis datanya adalah primer. Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, kuisioner dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil thitung > ttabel (4,436 > 2,179), konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil thitung > ttabel (13,237 > 2, 1790), karakteristik pribadi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil thitung > ttabel (0,636 < 2,179), serta keterampilan, konsep diri dan karakteristik pribadi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja frontliner di BPRS harum Hikmahnugraha Wilayah Garut dengan hasil Fhitung > Ftabel (78,134 > 3,49).

 

References

Juliansyah, Noor. (2013). Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta: Kencana.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Permana, Y. (2005). Mengembangkan Penalaran dan Koneksi. Yogyakarta: Pinus Book.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Thoha, M. (2007). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Agustiani, H. (2006). Psikologi perkembangan: Pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: Refika Aditama.

Indrawati, P. D. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis : Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. In Bandung: PT Refika Aditama. Bandung: Refika Aditama.

Mulyana, D. (2003). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Robbins, S. P. (2001). Organizational Behaviour. New Jersey: Prentice-Hall inc.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Human Resources Management (16 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2). https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Downloads

Published

2022-12-09

Issue

Section

Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah