Pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor

Authors

  • Septiyanti Dewi Astuti STIBANKS Al Ma’soem
  • Badriyatul Huda STIBANKS Al Ma’soem

DOI:

https://doi.org/10.30999/jsn.v1i1.765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model korelasional, sehingga diperlukan kuesioner untuk mengetahui tanggapan nasabah. Data primer yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23, penulis juga melengkapi dengan teori para ahli untuk memperkuat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,599 dan berada dalam kategori sedang namun tidak signifikan. Hasil uji t menunjukkan bahwa faktor Service Excellent Customer Service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor, sehingga H1 diterima dan H0ditolak. Adapun nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,359 atau 36%, artinya Service Excellent Customer Service memberikan konstribusi sebesar 36% terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM, sedangkan sisanya yaitu 64% merupakan konstribusi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti seperti lokasi, nisbah dan lain-lain. Penelitian ini mengungkapkan bahwa nasabah merasa puas dengan tanggung jawab dan sikap yang diberikan Customer Service saat memberikan perhatian penuh terhadap keperluan nasabah dalam bertransaksi. Akan tetapi, nasabah merasa kurang terhadap tindakan luwes dan cekatan Customer Service dan nasabah juga merasa biaya administratif kurang kompetitif dibandingkan di bank lain.

References

Al Arif, M. N. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta. Ali, Z. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Asyqar, S. D. (n.d.). Tafsir Web. Retrieved Agustus 1, 2019, from https://tafsirweb.com/1561-surat-

an-nisa-ayat-29.html

Bakri, M. Z. (2015). Pengaruh Service Excellence terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Ahmad Yani Kantor Wilayah Makassar. Makassar: Tidak diterbitkan.

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Hanafiah, S. (2017). Penagruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Deposan

IB Hasanah di BNI Syariah Kantor Kas Jtinangor. Jatinangor: Tidak diterbitkan.

Harun, R. (2016). Pengaruh Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Sungguminasa. Makassar: Tidak diterbitkan.

Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Marwansyah. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syari'ah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Ni'mah, A. (2015). Retrieved Agustus 1, 2019, from http://digilib.uinsby.ac.id/2551/6/Bab%203.pdf Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sulfianto, A. (n.d.). Al-Qur'an dan Kepuasan Pelanggan Bank Syariah Suatu Kajian Berdasarkan Tafsir Al-Quran. Retrieved Agustus 1, 2019, from academia: https://www.academia.edu/245682/AL-QURAN_DAN_KEPUASAN_PELANGGAN_BANK_SYARIAH_Suatu_Kajian_Berdasarkan_t afsir_Al-Qur_an_?auto_download=true,

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sundani, C. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Faedah di PT Bank BRI Syariah KCP Majalaya. Jatinangor: Tidak diterbitkan.

Sutedi, A. (2009). Perbankan Syariah Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Jakarta: Sinar Grafika. Usman, R. (2012). Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Yandie, W. L. (2017). Pengaruh Etika dan Pelayanan Prima Customer Service terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada PT.BNI Syariah Cabang Palembang. Palembang: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah