Pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor
DOI:
https://doi.org/10.30999/jsn.v1i1.765Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model korelasional, sehingga diperlukan kuesioner untuk mengetahui tanggapan nasabah. Data primer yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23, penulis juga melengkapi dengan teori para ahli untuk memperkuat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,599 dan berada dalam kategori sedang namun tidak signifikan. Hasil uji t menunjukkan bahwa faktor Service Excellent Customer Service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor, sehingga H1 diterima dan H0ditolak. Adapun nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,359 atau 36%, artinya Service Excellent Customer Service memberikan konstribusi sebesar 36% terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM, sedangkan sisanya yaitu 64% merupakan konstribusi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti seperti lokasi, nisbah dan lain-lain. Penelitian ini mengungkapkan bahwa nasabah merasa puas dengan tanggung jawab dan sikap yang diberikan Customer Service saat memberikan perhatian penuh terhadap keperluan nasabah dalam bertransaksi. Akan tetapi, nasabah merasa kurang terhadap tindakan luwes dan cekatan Customer Service dan nasabah juga merasa biaya administratif kurang kompetitif dibandingkan di bank lain.
References
Al Arif, M. N. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta. Ali, Z. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Asyqar, S. D. (n.d.). Tafsir Web. Retrieved Agustus 1, 2019, from https://tafsirweb.com/1561-surat-
an-nisa-ayat-29.html
Bakri, M. Z. (2015). Pengaruh Service Excellence terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Ahmad Yani Kantor Wilayah Makassar. Makassar: Tidak diterbitkan.
Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Hanafiah, S. (2017). Penagruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Deposan
IB Hasanah di BNI Syariah Kantor Kas Jtinangor. Jatinangor: Tidak diterbitkan.
Harun, R. (2016). Pengaruh Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Sungguminasa. Makassar: Tidak diterbitkan.
Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Marwansyah. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syari'ah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Ni'mah, A. (2015). Retrieved Agustus 1, 2019, from http://digilib.uinsby.ac.id/2551/6/Bab%203.pdf Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sulfianto, A. (n.d.). Al-Qur'an dan Kepuasan Pelanggan Bank Syariah Suatu Kajian Berdasarkan Tafsir Al-Quran. Retrieved Agustus 1, 2019, from academia: https://www.academia.edu/245682/AL-QURAN_DAN_KEPUASAN_PELANGGAN_BANK_SYARIAH_Suatu_Kajian_Berdasarkan_t afsir_Al-Qur_an_?auto_download=true,
Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sundani, C. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Faedah di PT Bank BRI Syariah KCP Majalaya. Jatinangor: Tidak diterbitkan.
Sutedi, A. (2009). Perbankan Syariah Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Jakarta: Sinar Grafika. Usman, R. (2012). Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
Yandie, W. L. (2017). Pengaruh Etika dan Pelayanan Prima Customer Service terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada PT.BNI Syariah Cabang Palembang. Palembang: Tidak diterbitkan.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shidqia Nusantara: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.