Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Multijasa (Talangan Haji) Terhadap Peningkatan Minat Nasabah di Bank Panin Dubai Syariah KCU Bandung

Authors

  • Lela Nurmilah Prodi Perbankan Syariah Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/jsn.v1i2.2325

Keywords:

Marketing Strategy, Interests, Islamic Bank

Abstract

Permasalahan dasar terkait strategi pemasaran produk ini adalah bahwa jumlah atau minat pelanggan di Bank Panin Dubai Syariah tidak stabil, bahkan sering mengalami penurunan setiap bulan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pelanggan target setiap bank dalam hal pendapatan pelanggan mereka. Muncul pertanyaan besar, yaitu mengapa bisa ada ketidakstabilan dalam jumlah pelanggan antara pemasaran dan lamanya proses pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan setiap bulan. Untuk mengatasi masalah yang muncul, perlu ada perubahan atau evaluasi terhadap strategi pemasaran yang diterapkan saat memasarkan produk, di mana penelitian ini menganalisis menggunakan strategi Marketing Mix. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bank Panin Dubai Syariah KCU Bandung yang masih aktif menggunakan produk pembiayaan multi-layanan (dana haji) dari tahun 2019-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara offline atau langsung kepada pelanggan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear sederhana, dan pengujian hipotesis dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 25.0. Hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, variabel strategi pemasaran memiliki pengaruh positif parsial terhadap peningkatan minat pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 <0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,137 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,026, sehingga 3,137 > 2,026. Dan yang kedua, berdasarkan hasil uji simultan, variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y, sebagaimana dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 <0,05 dan dengan nilai F hitung sebesar 9,839 dan F tabel sebesar 4,11 yang berarti 9,839 > 4,11. Terakhir, variabel independen memengaruhi variabel dependen sebesar 21,0%, dan sisanya 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Abdurrahman, Al-Jaziri. (2010) Kitab Shalat Fikih Empat Mazhab Mudah Memahami Fikih Dengan Metode Skema. Jakarta: Hikmah.

Abdurrahman, Nana Herdiana. (2016). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ainina, Wida. (2018). Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri Yogyakarta. Yogyakarta:Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Asnawi, Nur & Muhammad, Asnan Fanani. (2017). Pemasaran Syariah Teori, Filosof & Isu-Isu Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Al-Arif, Nur Rianto. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran, edisi ke 3. Yogyakarta: Alfabeta.

Al-Bugha, M.D. (2010). Buku Pintar Transaksi Syariah. Jakarta: Hikmah.

Al-Habsy, M. Bagir. (1990). Fiqih Praktik. Bandung: Mizan.

Alwi, Hasan. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Andespa, Roni. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, Vol. 2, No. 1. Padang: Universitas Islam Negeri

Imam Bonjol. Juni 2017

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Boyd, Harper W. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global edisi kedua jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Buchari, Alma. (2007). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dagun, S.M. (2000) Kamus Besar Ilmu Pengetahun. Jakarta: LPKN.

Damayanti, Sisca. (2016). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan dan Keamanan terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 9, No. 1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti.

Departemen Agama Republik Indonesia. (1983). Ilmu Fiqh I. Jakarta: Asona.

Downloads

Published

2022-12-17

Issue

Section

Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah