Pengaruh Pemberian Kompensasi Finansial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan di PT. Bank BRI Syariah KCP Majalaya

Authors

  • Gina Fauziah Prodi Perbankan Syariah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Z. Arifin Sanusi Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/jsn.v1i2.2324

Keywords:

Financial compensation, work motivation

Abstract

Sumber daya manusia adalah faktor sentral yang memainkan peran penting dalam setiap aktivitas perusahaan. Oleh karena itu, masalah kesejahteraan karyawan dan motivasi kerja merupakan hal yang paling krusial bagi sebuah perusahaan. Berdasarkan data dari PT. Bank BRI Syariah, pada tahun 2019 PT. Bank BRI Syariah mengalami penurunan aset perusahaan sebesar 2,28% dan laba perusahaan sebesar 66,56% dibandingkan dengan tahun 2018. Penurunan aset dan laba PT. Bank BRI Syariah dapat disebabkan oleh kinerja karyawan yang kurang produktif. Penurunan tingkat kinerja karyawan terjadi karena berbagai faktor yang mendasar, salah satunya adalah melemahnya minat atau motivasi karyawan untuk bekerja. Berdasarkan hasil analisis dari hasil output IBM SPSS Statistics 25, nilai rs dari pemberian kompensasi keuangan dan motivasi kerja karyawan adalah 0,569 (rs hitung) > 0,475 (rs tabel), yang berarti ada pengaruh antara variabel kompensasi keuangan pada variabel motivasi kerja, dengan besarnya pengaruh berdasarkan uji koefisien determinasi adalah sebesar 32,38%, dengan korelasi atau hubungan antara kedua variabel tersebut adalah positif, atau dengan kata lain, semakin tinggi pemberian kompensasi keuangan, semakin tinggi motivasi karyawan akan meningkat, sementara 67,62% motivasi kerja karyawan disebabkan oleh faktor-faktor lain.

References

Dessler, Gary. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : Prenhalindo.

Hasibuan, Malayu S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sadiah, Dewi. 2014. Metode Penelitian Dakwah : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung : CV.Mimbar Pustaka.

Sastrohadiwiryo, Siswanto dan Asrie Hadaningsih Syuhada. 2019. Manajemmen Tenaga Kerja Indonesia:Pendekatan Administratif dan Operasional, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

________. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Siyoto, Sandu., dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Lembaran Negara RI Tahun 2003 No. 13. Jakarta : Sekretariat Negara.

Downloads

Published

2022-12-17

Issue

Section

Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah