Partisipasi Orang Tua dalam Membina Akhlak Siswa di MA YPI Ciwangi dalam Perspektif Pendidikan Islam
Keywords:
panti sosial anakAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembinaan akhlak siswa, faktor-faktor yang memengaruhi dalam pembinaan akhlak siswa dan partisipasi orangtua dalam pembinaan akhlak siswa.. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di MA YPI Ciwangi Bl. Limbangan - Garut, karena merupakan salah satu Madrasah yang kebanyakan siswanya tidak tinggal dengan orang tua kandungnya seperti siswa yang tinggal bersama neneknya, kakaknya atau sanak saudaranya bahkan tidak sedikit siswa yang tinggal di panti asuh sosial anak (PSAA). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam pembinaan akhlak siswa di MA YPI Ciwangi dilakukan dengan cara menambah waktu pendidikan agama pada pendidikan non formal seperti Madrasah Diniyah (MD), pengajian dirumah-rumah Ustad setempat, mengontrol hasil pembelajaran, serta dengan memonitoring dalam proses pembelajaran tersebut baik secara langsung maupun melalui pesawat telepon baik itu terhadap pihak madrasah ataupun Ustad-ustad tempat anaknya mengaji. Partisipasi orangtua sangat berpengaruh terhadap pembentukan akhak siswa di MA YPI Ciwangi, semakin banyak usaha-usaha yang dilakukan orangtua dalam pembinaan akhlak maka semakin baik siswa dalam prilakunya atau akhlaknya.
References
Abdalati, Hammudah. 1986. Islam in Focus, Riyadh: Ofset Printing Press
Abdullah, Amin. 1998. Problem Epistemologis Metodologis Pendidikan, Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Ahyadi, Aziz, Abdul, Psikologi Agama, Sinar Baru,1998, Bandung
Ali, Mukti. 1987. Beberpa Persoalan Agama Dewasa Ini, Jakarta: Rajawali
Al-Qordhowi, Yusuf. 1996. Madkhal Lima”rifatil Islam Muwowwimatuhu, Khashaishuhu, Ahdafuhu, Mashadiruhu, Cairo: Maktabah Wahdah
Al-Haque, Manzoor. 1993. The Qur”anic Model of Education, Muslim Education Quarterly 10:2
Al-Ghazali, Muhammad. t.t. Ihya “Ulumud Al-Din III, Cairo: Al-Mshad Al-Husain 1970. Aqidah al_Islam, Kuwait: Dar Al-Bayan
Al-Munawwir. 1997. Kamus Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progressif
An-Nahlawi, Abd al-Rahman. 1979. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha, Beirut: Dar al_fikr
Ali Mahmud al-Baghdadi, Al-Din. t.t. Tafsir Khazn Musamma Lubab l-Ta”wil fi Ma”ani al-Tanzil, Beirut: Dar al-Fikr
Daien, Amir, Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, 1973, Surabaya
Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, 1982/1983, Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).