Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Authors

  • Afif Nurseha

Keywords:

Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, evaluasi

Abstract

Manajemen pembelajaran secara operasional diartikan sebagai keseluruhan komponen dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang diupayakan sendiri oleh guru bersama semua pihak yang terkait atau berkepentingan dengan mutu pendidikan. Manajemen pembelajaran dalam usaha peningkatan mutu pendidikan mencakup antara lain input, proses dan out put pembelajaran dengan menggunakan beberapa langkah-langkah dalam manajemen pembelajaran yakni perencanaan, proses dan evaluasi. Manajemen pembelajaran PAI adalah kesatuan proses belajar mengajar yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, proses kegiatan sampai evaluasi dan proses tindak lanjut yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu yang mencerminkan nilai-nilai agama. (1) Dalam perencanaan manajemen Pembelajaran PAI yang  telah dilakukan oleh guru PAI baik di SDIT Al Maadin dengan SDIT Ibnu Khaldun cukup baik. (2) Dalam proses manajemen pembelajaran PAI yang telah dilakukan oleh guru PAI baik, karena guru PAI dalam hal mengoperasionalkan/menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi secara maksimal, dan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI guru perlu adanya pendahuluan untuk menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. (3) Dalam evaluasi manajemen pembelajaran PAI di SDIT Al Maadin dan SDIT Ibnu Khaldun sudah baik. Seperti menerapkan langkah-langkah evaluasi yaitu merumuskan tujuan dilakukannya asesmen atau evaluasi, menetapkan aspek-aspek yang akan dinilai, apakah aspek kognitif, afektif, atau psikomotor, memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan. (4) Faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kurangnya waktu di dalam persiapan pembuatan administrasi sehingga guru PAI masih menyempurnakan saat proses pembelajaran berlangsung. Guru mayoritas sudah berkualifikasi S1, baik yang mengajar mata pelajaran PAI maupun yang mengajar mata pelajaran umum.

References

Ahmadi. (2004). Islam Sebagai Paradigma IlmuPendidikan. Subang: Aditya Media.

Ahmadi, Khoiru dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.Jakarta:Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattah, Nanang. (2005). Landasan Manajemen Pemndidikan. Bandung: Rodakarya.

Saroni, Muhammad. (2006). Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Arr-Ruzz.

Subakti, Ganjar. (2017). 28 Jurnal tarbawi: Implementasi PAI di SD Islam Terpadu.

Syamsuddin, Makmun. (2006). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoha, Chabib dkk. (2004). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2018-12-06

Issue

Section

Article