Manajemen Implementasi Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI

Adang Rachmat

Abstract


Manajemen implementasi metode problem based learning untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Tirtamulya dan SMP PGRI Cikampek Kabupaten Karawang. Sekolah merupakan lembaga/institusi yang dirancang untuk pengajaran siswa di bawah pengawasan guru. Dilatar belakangi karena adanya pemasalahan dilapangan mengenai mutu pembelajaran PAI dan kualitas Guru di Indonesia masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari Uji Kompetensi Guru (UKG) buruknya hasil Ujian Nasional (UN) pada beberapa Provinsi dan guru masih menggunakan metode ceramah secara parsial dan siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru saja pada saat pembelajaran. Keberhasilan pendidikan di sekolah ditentukan oleh pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Tantangan dan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, mengharuskan guru aktif mencari dan memilih metode yang tepat dalam pembelajaran sesuai dengan pengembangan dan perkembangan kurikulum dimana siswa dituntut untuk belajar di dalam kelas secara aktif, inovatif, kreatif, mandiri dan rasa bertanggung jawab agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam, Salah satu metode agar siswa menjadi aktif dan kreatif di dalam kelas, adalah dengan metode problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan baik secara umum maupun secara khusus bahwa metode problem based learning di SMPN 2 Tirtamulya dan SMP PGRI Cikampek mulai dari perencanaan implementasi sampai evaluasi telah diarahkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam

Keywords


Projrct Based Learning

Full Text:

PDF

References


Al wasilah, A.Ch (2011). Pokoknya kaulitatif. Jakarta : PT. Pustakajaya.

Gunawan, H. Ch. (2011). Pokoknya kualitatif. Jakarta : PT. Pustakajaya.

Gunawan, H. Ch. (2013). Kurikulum, dan pembelajaran pendidikan agama islam. Bandung : Afabeta.

Indrawan, R. Dan Yaniawati, P (2014) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran untuk manajemen, pembangunan dan pendidikan. Bandung : PT. Refika aditama

M. Taufiq Amir (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group.

Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Priansa, D.J. (2014). Kinerja dan profesional guru. Bandung : CV. Alfabeta.

Sagala, SY. (2014). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta.

Satori, Dj dan Komariah, A (2014). Metode penelitian kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Thoha Putra, A(2001). Alquran dan terjemahan. Semarang : CV Asyifa.

Peraturan Pemerintah No. 19 Pasal 19 (2005). Standar Nasional Pendidikan




Journal Pendidikan Agama Islam An Nida Pascasarjana PAI UNINUS published by Magister Islamic Education, Faculty of Islamic Education, Universitas Islam Nusantara Bandung-Indonesia Jl. Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung 40286. It is published in printed and electronic form.

Index in:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.