Manajemen Implementasi Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI
Keywords:
Projrct Based LearningAbstract
Manajemen implementasi metode problem based learning untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Tirtamulya dan SMP PGRI Cikampek Kabupaten Karawang. Sekolah merupakan lembaga/institusi yang dirancang untuk pengajaran siswa di bawah pengawasan guru. Dilatar belakangi karena adanya pemasalahan dilapangan mengenai mutu pembelajaran PAI dan kualitas Guru di Indonesia masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari Uji Kompetensi Guru (UKG) buruknya hasil Ujian Nasional (UN) pada beberapa Provinsi dan guru masih menggunakan metode ceramah secara parsial dan siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru saja pada saat pembelajaran. Keberhasilan pendidikan di sekolah ditentukan oleh pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Tantangan dan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, mengharuskan guru aktif mencari dan memilih metode yang tepat dalam pembelajaran sesuai dengan pengembangan dan perkembangan kurikulum dimana siswa dituntut untuk belajar di dalam kelas secara aktif, inovatif, kreatif, mandiri dan rasa bertanggung jawab agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam, Salah satu metode agar siswa menjadi aktif dan kreatif di dalam kelas, adalah dengan metode problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam dan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan baik secara umum maupun secara khusus bahwa metode problem based learning di SMPN 2 Tirtamulya dan SMP PGRI Cikampek mulai dari perencanaan implementasi sampai evaluasi telah diarahkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islamReferences
Al wasilah, A.Ch (2011). Pokoknya kaulitatif. Jakarta : PT. Pustakajaya.
Gunawan, H. Ch. (2011). Pokoknya kualitatif. Jakarta : PT. Pustakajaya.
Gunawan, H. Ch. (2013). Kurikulum, dan pembelajaran pendidikan agama islam. Bandung : Afabeta.
Indrawan, R. Dan Yaniawati, P (2014) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran untuk manajemen, pembangunan dan pendidikan. Bandung : PT. Refika aditama
M. Taufiq Amir (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group.
Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Priansa, D.J. (2014). Kinerja dan profesional guru. Bandung : CV. Alfabeta.
Sagala, SY. (2014). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta.
Satori, Dj dan Komariah, A (2014). Metode penelitian kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.
Thoha Putra, A(2001). Alquran dan terjemahan. Semarang : CV Asyifa.
Peraturan Pemerintah No. 19 Pasal 19 (2005). Standar Nasional Pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).