Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru

Authors

  • Resti Resti STAI Al-Masthuriyah, Sukabumi
  • Ahmad Firdaus STAI Al-Masthuriyah, Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2822

Keywords:

Manajemen Kepala Madrasah, Etika Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh gambaran kondisi lapangan terkait dengan manajemen pengetahuan kepala madrasah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru di MTs Thoriqotul Hidyah, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan secara empiris tentang manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru di MTs Thoriqotul Hidayah, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Proses penyelidikan dilakukan melalui fenomena yang terjadi dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan dampak manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru di MTs Thoriqotul Hidayah. Filosofi dasar, teori, dan konsep yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan etika kerja guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode deskriptif analitis dan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan dampak telah dilakukan oleh peneliti sebagaimana dibuktikan oleh dokumen-dokumen seperti rancangan dokumen satu, penetapan pembagian jam dan mata pelajaran, serta standar pengawasan atau supervisi kepala madrasah dan dokumen lainnya.

References

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Cok agus, dkk. “Hubungan Motivasi Berprestasi, Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja dengan Kinerja Guru”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora. Vol 11) April 2017.

Danim, S. (2004). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Imam Machali dan Ara Hidayat, The Handbook Of Education Management (Jakarta: Kencana, 2018).

I. Suryatini, E. Mulyasa, S. Yusuf, Y. I. (2019). Manajemen Mutu Pembelajaran PAI. Kajian Manajemen Pendidikan, 2(2), 141–150.

Juhri AM, Perspektif Pendidikan¸ (Metro: Lembaga Penelitian UM Metro Press, 2006)

Nuraisiah, Murniati AR, dan Cut Zahri Harum. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri ! Peukan Bada Aceh Besar.". Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala , Volume 3 No 3, 118-119.

Onisimus Amtu, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta 2013)

Pramesty, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberejo Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022).

Rahman, M. (2012). Manajemen Pendidikan "Analisis dan Solusi terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif". Jakarta: Prestasi Pustaka.

Saifullah. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru pada SMA Negeri 2 Pulo Aceh Besar. Jurnal Universitas Syah Kuala, Vol 4, No. 3 Agustus 2016.

Usman, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta, 2013)

Mahmuddin, Manajemen Dakwah Rasulullah: suatu Telaah Hiostoris Kritis. Jakarta: Restu Ilahi, 2004.

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan (5 ed.). Alfabeta.

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta 2013.

Terry, G. R., & Leslie, W. R. (1992). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja Islami (Jakarta: Gema Insani, 2002),

Sani, R. A., & Rahman, M. (2022). Monograf Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar. CV Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2022-05-26

Issue

Section

Article