Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Daring Melalui Supervisi

Authors

  • Rika Kurniasari SDN Bugel, Banjaran

DOI:

https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2757

Keywords:

Kelengkapan Alat, Pembelajaran Online, Pengawasan Kepala Sekolah

Abstract

Tujuan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran daring melalui supervisi Kepala Sekolah di SD Bugel Tahun Pelajaran 2021/2022.  Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui supervisi Kepala Sekolah di SD Negeri  Bugel tahun pelajaran 2021/2022 kemampuan guru dalam membuat kelengkapan perangkat pembelajaran daring mengalami peningkatan secara signifikan. Jika pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya kompetensi guru meningkat dari siklus I yaitu persentase ketuntasan 66,67% dan 88,89% pada siklus II guru secara umum dikatakan tuntas dengan total nilai peningkatan rata-rata guru adalah 8,67 dan total peningkatan persentase adalah 22,22% hal ini menunjukkan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Supervisi akademik efektif digunakan untuk meningkat kompetensi guru di SD Negeri Bugel Banjaran dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran daring.

References

Ana P. Antunes, Silvana Martins, L. M. and A. T. A. (2021). Parenting during the COVID-19 Lockdown in Portugal: Changes in Daily Routines, Co-Parenting Relationships, Emotional Experiences, and Support Networks. children 08-01124 v4.pdf Nitro Pro 10.

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Burhanudin, M. (2017). he Roles Of Principals In Increasing Education Quality By Developing Teacher Profesionalism. Didaktika Religia, 5(1). https://doi.org/10.30762/didaktika.v5i1.856

Dwi Siswoyo, d. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43–54.

Iswatiningsih, D. (2021). Guru dan Literasi Digital: Tantangan Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional.

Muhali. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala, (September).

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Sudirja, A. M., & Roziqin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melaui Penerapan Workshop. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 49–58.

Suherman, U., Supiana, S., Mulyasana, D., & Nursobah, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Madrasah, Supervisi Klinis, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Motivasi dan Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–14.

Talkah, T., & Muslih, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid 19. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 13–21.

Usman, N. (2022). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: Sinar Baru.

Wahyuddin, W., & Ismayanti, M. (2020). Persepsi Guru Mengenai Guru Ideal. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.15258

Downloads

Published

2022-05-10

Issue

Section

Article