Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa

Dadan Dadan

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah di dasari bahwa dampak dari pada kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat pada saat ini, disamping mendatangkan manfaat juga menimbulkan akibat yang negatif, hal ini ditandai dengan begitu cepatnya pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia secara vulgar terutama bagi siswa. Dalam hitungan waktu yang relatif singkat, budaya itu merasuki, perkembangan jiwa siswa sehingga banyak terjadi tindakan yang sifatnya negatif seperti kenakalan remaja, perkelahian antar siswa, keterlibatan siswa dalam penyalahgunaan narkoba, pergaulan di luar batas kewajaran, dan sebagainya. Masalah di atas sudah barang tentu memerlukan solusi yang diharapkan mampu mengantisipasi perilaku siswa yang mulai dilanda krisis moral itu, tindakan preventif  perlu ditempuh agar dapat mengantarkan kepada terjaminnya moral siswa sebagai generasi yang dapat menjadi tumpuan dan harapan bangsa. Guru Pendidikan Agama Islam  merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh dalam mendewasakan anak didik agar menjadi anggota masyarakat yang berguna dan memiliki kepribadian yang mencerminkan akhlak yang mulia. Untuk mengatasi permasalahan diatas perlu diadakan sebuah penelitian tentang strategi dan upaya guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kemerosotan perilaku dan ahlak siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa pada tiga SMP Negeri di Kabupaten Sumedang, 2) Kegiatan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa pada tiga SMP Negeri di Kabupaten Sumedang, 3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembinaan akhlak siswa pada tiga SMP Negeri di Kabupaten Sumedang. Metode penelitian menggunakan  metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, data yang diperoleh dilapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. 


Keywords


Strategi Guru; Ahklak; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmad,Asep Faturrohman (2014) .Rekontruksi Pemikiran Tujuan pendidikan. Menuju Pendidikan Qurani. Bandung : Kencana Utama

Arifin, H.M . (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Abdullah, Nashih Ulwan (1999). Metode Pembinaan ahlakJakarta : Pustaka Panjimas.

Bogdan, Robert dan Steven J. Tailor, Terjemahan. Arif Furchan, (1992) Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Fenomonologis Terhadap Ilmu-Ilmu Sosial, Surabaya : Usaha Offset Printing.

Darajat, Zakiyah (1978). Kepribadian Guru.Jakarta : Bulan bintang

Helmawati. (2014). Pendidikan keluarga, Teoritis dan Praktis. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.

Jatnika, Rachmat. (1996) Sistem Ahlaq Islami, Jakarta : Pustaka Panjimas.

Muhajir. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin Karya.

Mulyasa, E. (2008) Menjadi Guru Profesional ( Menciftakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan ). Bandung : Remaja Rosda Karya

Tafsir, Ahmad, (2000) Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam, Bandung : Remaja Rosda Karya




Journal Pendidikan Agama Islam An Nida Pascasarjana PAI UNINUS published by Magister Islamic Education, Faculty of Islamic Education, Universitas Islam Nusantara Bandung-Indonesia Jl. Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung 40286. It is published in printed and electronic form.

Index in:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.