Manajemen Kelompok Kerja Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah

Ani Nuraini

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kinerja guru yang belum optimal sehingga memerlukan wadah yang dapat menjembatani peningkatan mutu pendidikan khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI),yang merupakan salah satu fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. KKMI memiliki fungsi sebagai perencanaan, yaitu mempersiapkan segala sesuatu  dipandang perluuntuk dikembangkan secara koordinatif guna mencapai keseragaman dalam pembinaan pendidikan , koordinasi kerjasama pendidikan secara terpadu guna mengembangkan program pengajaran di madrasah masing-masing, penyelenggaraan, yaitu pelaksanaan secara terpadu terhadap pengembangan pendidikan pada umumnya dan pengembangan bahan pengajaran,metode,alat pelajaran dan lain-lain. Tujuan KKMI IV membina guru melalui asosiasi kependidikan dengan sistem pendidikan yang dapat mengadaptasi perkembangan kebutuhan lingkungan.Hal ini didasarkan pada realita dinamika dan kompleksitas kehidupan masyarakat dimana tenaga pengajar melaksanakan profesinya.Untuk dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut, maka pembinaan kemampuan profesional guru ditujukan agar tenaga pengajar mampu mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Tujuan penelitian ini secaraumum  ingin memperoleh gambarantentang Manajemen Kelompok Kerja Madrasah Dalam meningkatkan Kinerja Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah. Sedang tujuan khususnyauntuk mengetahui Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kelompok kerja madrasah dalam meningkatkan kinerja guru kelas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriftif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.


Keywords


KKMI; Guru; Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, Murray-, Neville Smith; Anne Millership.Managing Performance Managing People, terjemahanTantoSupriyanto. Jakarta: PT BhuanaIlmuPopuler. 2007.

BasrowidanSuwandi.(2010). MemahamiPenelitianKualitatif. Jakarta: Rineka. Cipta.

David R. Fred (2012) Strategic Manajement, SalembaEmpat, Jakarta

Dosen Tim (2014) ManajemenPendidikan, Bandung, ALPABETA

Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu BerbasisSekolah, Jakarta, 2001.

Depdiknas, RencanaStrategik 2005 — 2009. Jakarta: Depdiknas, 2005.

Depdiknas.PengembanganSistemPendidikanTenagaKependidikan Abad ke 21 (SPTK-21). Jakarta: Depdiknas. 2002.

Djamarah, BahriSyaiful. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: RinekaCipta. 2005

Djaslim, S. 1994, Dasar-dasarManajemen Pemasaran Bank, Jakarta : CV Rajawali.

Drexel, Ingrid. The Concept of Competence an Instrument of Social and Political Change. Bergen AS: Stein Rokkan Centre. 2003.

Engkoswara.Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Dikbud, Jakarta 1987

Elliot, Andrew J. and Carlos S. Dweck. "Competences and Motivation", Handbook of Competence and Motivation, ed. Andrew J. Elliot, and Carlos S. Dweck. New York: The Guilford Press, 2005.

Fakry gaffer, dkk.(1995). Perencanaan Strategis Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Di Indonesia. Makalah institute keguruan dan ilmu pendidikan. Bandung.

Gaffar, M.F. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu. Jakarta 1995

GieThe Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Ginting, Abdorrakhman, 2004. Proposal Pengajuan Dana Pembinaan KKG Padang Barat, (Padang: SD CA Padang)

Glueck, William F dan Lawrence R. Jauch. 1991. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Terjemahan: Muraddan Henry Sitanggang. Jakarta : PT. GeloraAksaraPratama.

Gronlund, Norman E. dan Robert L. Linn.Measurement and Assesment in Teaching.New York-, Macmillan Publishing Comp. 1990.

Gronlund, Norman E. Measurement and Evaluation in Teaching. New York. Macmillan Pub.Co. Inc. 1981.

http//PengertianEvaluasiMenurutAhli - KUMPULAN ARTIKEL.htm

Halsey, G.D. Bagaimana Memimpin & Mengawasi Pegawai Anda, terjemahan Anaf S. Bagindo & M. Ridwan. Jakarta: RinekaCipta. 1994

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: BumiAksara. 2005.

Hasibuan, S.P. Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet.16. PtBumiAksara, Jakarta 2012

Helmawati, Dr. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Agama Islam PT. Remaja Rosda Karya. 2015

Hikmat, M.Ag. Manajemen Pendidikan, Pustaka Setia Bandung. 2009.

Hopkins, Kennth D; Julian C. Stanley. Educational and Psychological Measurement and Evaluation. New York: Prentice-Hall, Inc. 1981.

Hudoyo, Herman, Pengembangan Kurikulum matematika dan pelaksanaannya Di Depan Kelas, Malang 1990

Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Imron, Ali. 2006, Belajar dan Pembelajaran ,Pustaka Jaya, Jakarta.

Isa, Kamal Muhammad, 1998 ManajemenPendidikan Islam , Jakarta: PT. FikahatiAnesta,

Jasin, Anwar, PembelajaranEfektif , Jakarta : Grasindo, 2004.




Journal Pendidikan Agama Islam An Nida Pascasarjana PAI UNINUS published by Magister Islamic Education, Faculty of Islamic Education, Universitas Islam Nusantara Bandung-Indonesia Jl. Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung 40286. It is published in printed and electronic form.

Index in:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.