Penerapan Model Islamic School Culture dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Wiwi Wikarnah

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu sekolah yang berbasis agama islam karena terdapat banyak matapelajaran agama Islam yang diajarkan di madrasah. Dengan hal tersebut diharapkan dapat membentuk pribadi siswa yang islami baik sebagai siswa maupun sebagai warga masyarakat. Namun nampaknya dengan penyajian mata pelajaran saja tidak cukup mengantarkan siswa menjadi islami sebagaimana yang diharapkan. Maka perlu ada alternative lain yang bisa menopang proses pembelajaran agar bisa mencapai tujuannya. Salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan model Islamic School Culture (ISC) di MI Pangkalan Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai perencanaan ISC, pelaksanaan ISC, hasil dari ISC terhadap kualitas pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ISC di MI Pangkalan Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analitik, jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif, Sumber data primernya adalah siswa, guru, dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Pangkalan, sedangkan data sekundernya adalah literature dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan  studi dekumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian inimenunjukkanbahwa perencanaan program ISC di MI Pangkalan berjalan dengan baik. Perencanaan telah diatur dalam bentuk tata tertib ISC yang sudah dikomunikasikan kepada semua guru bahkan siswa pun diberikan penjelasan. Perencanaan ISC dilakukan dalam bentuk program harian dan setiap harinya memiliki agenda yang berbeda. Pelaksanaan penerapan ISC sudah berjalan dengan baik, hal itu terlihat dari jadwal kegiatannya yang teratur, pelaksanaan kegiatannya rutin dan berkelanjutan, penanggung jawab kegiatannya ada, dan ada absen kehadiran siswa. Kegiatannyasangat menunjang terhadap pencapaian tujuan pembelajaran Agama Islam. Kegiatanya meliputi:Pembiasaan menutup aurat;Pembiasaan membaca al Qur’an dan berdo’a; Pembiasaan mentoring/mendengarkan ceramah/kajian keagamaan;Pembiasaan Shalat berjama’ah; Pembiasaan mengucap salam; dan Pembiasaan shadaqah. Hasil penerapan ISC itu membuat gairah dan aktivitas belajarnya meningkat. Senada juga dengan keterangan guru dan kepala sekolah, bahwa antusiasme, motivasi dan disiplin belajar siswa meningkat. Sehingga kualitas pembelajaran Agama Islam siswa juga meningkat. Faktor yang menjadi pendukung dalam penerapan ISC adalah adanya dukungan penuh dari kepala sekolah, dukungan orang tua, fasilitas keagamaan, antusias siswa, adanya reward and punishment. 


Keywords


Madrasah Ibtidaiyah; Islamic School Culture (ISC);

Full Text:

PDF

References


A. M., Sardiman. 2004. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grapindo persada, Jakarta.

Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami,(Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008).

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008)

Ahmad Tafsir, Strategi Meningkatkan Mutu PAI, (Bandung : Maestro, 2008).

Ahmadi, Abu. 1993. Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia, Bandung.

Akhmad Sudrajat, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran, (Blog, ditulis tanggal 12 September 2008).

Al-Abrasy, M. Athiyan. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta.

Ali, Moh. 1987. Penelitian Kependidikan. Rineka Cipta, Jakarta.

Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung : Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Blog Akhmad Sudrajat, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran, ditulis tanggal 12 September 2008.

Bogdan, Robert C. Dan Biklen Sari Khop. Tanpa Tahun, Qualitatif Research for Education, Allyn and Bacon.

CA Qadir, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan dalam Islam, (Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 1989)

Creswell, Jhon W. 2002 Research Design. Penerjemah Nur Khabibah dkk. Jakarta : Kik Perss.

Departemen Agama RI, AlQur’an dan Terjemahnya, (Bandung : CV Penerbit Jumanatul Ali’ Art, 2005)

Hadi, Amirul-Haroyono, 1998, Metodologi Pendidikan, untuk IAIN dan PTIS semua Fakultas dan Jurusan Komponen MKK, Bandung : CV Pustaka Setia.

http://cepiriyana.blogspot.com/2006/06/hakikat-kualitas-pembelajaran

I, Nyoman S, Degeng, Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel, (Jakarta : Depdikbud, 1989)

Johnson, Elaine B. 2007, Contextual Teaching & Learning. Penerjemah Ibnu Setiawan. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

Kountur, Ronny. 2004, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta : Teruna Grafice.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

M, D, Dahlan, Model-model Mengajar, (Bandung : CV Dipenogoro, 1990)

M.D. Dahlan, 1990, Model-model Mengajar, Bandung : CV Dipenogoro.

Moleong, Lexy J. 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung : Pustaka Setia, 1997)

Nurkancana, Wayan. 1999. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto,Ngalim. 1995. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Qaidir, C.A. 1989 Filsafat dan Ilmu Pengetahuan dalam Islam, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

RI, Depag. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tingkat Menengah (SMA dan SMK). Jakarta : Dirjen Bagais Direktorat Mapenda.

Riduwan, 2008, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alpabeta.

Ridwan, Metode dan Tehnik Menyusun Proposal Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Slameto, 2003.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta : Rineka Cipta 1995)

Sudjana,Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung : Falah Production, 2004).




Journal Pendidikan Agama Islam An Nida Pascasarjana PAI UNINUS published by Magister Islamic Education, Faculty of Islamic Education, Universitas Islam Nusantara Bandung-Indonesia Jl. Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung 40286. It is published in printed and electronic form.

Index in:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.