Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Melalui Kompetensi Guru
Keywords:
Aqidah Akhlaq, Karakter, PendidikanAbstract
Permasalahan peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq siswa di sekolah merupakan permasalahan yang belum terpecahkan sejalan dengan kompleksitas perubahan lingkungan yang begitu cepat dan dinamis, hal ini terjadi karena belum optimalnya perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang dilakukan. Peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq siswa terus diupayakan oleh kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling, maupun guru aqidah akhlaq, baik melalui kegiatan pembelajaran (kurikuler) maupun ekstrakurikuler, akan tetapi belum memberikan dampak yang optimal bagi peningkatan aqidah dan akhlak siswa baik ditinjau dari sisi proses maupun output pembinaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; a) perencanaan peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, b) pelaksanaan peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, c) penilaian peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, dan d) faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak melalui kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah Al Munawaroh Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Sebagai mana yang dikemukakan oleh Moh. Surya (2004: 75), yaitu “prestasi belajar adalah hasil belajar atau perubahan tingkah laku yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap setelah melalui proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya”. Melalui metode deskriptif, penelitian ini berfokus untuk melihat, mengetahui dan mempelajari bagaimana peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Munawaroh dan Madrasah Ibtidaiyah Banjarsari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Hasil temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa penelitian menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif melalui observasi, wawancara, dan teknik pengumpulan data. Perencanaan dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, sejalan dengan visi dan misi yang dikembangkan oleh sekolah, perencanaan pengajaran dengan perumusan tujuan peningkatan prestasi belajar siswa yang ingin dicapai. Pelaksanaan dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru diantaranya diawali dengan cara menanamkan aqidah dan akhlaq pada diri individu siswa. Penilaian dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengukuran sikap, dan penilaian diri. Faktor Pendukung, guru terus memotifasi siswa untuk sering membaca buku yang sesuai, dan terus menerus melaksanakan pembiasaan(sholat dhuha,sholat dzuhur berjamaah, dan hafalan zuz 30) secara rutin, adapun faktor penghambat, faktor internal dan eksternal siswa. Tolak ukur secara kualitatif, cukup meningkat dan berhasil pencapaian tujuan pembelajaran siswa, dengan diproyeksikan hafal sebagian zuz ketiga puluh, bersikap santun dan terbiasa sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah. Adanya sinergitas yang harmonis diantara orang tua, guru, kepala sekolah, komite juga pengawas akan lebih berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
References
Abdul Mujib, Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.
Ahmad Tafsir. (2008). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda karya
Arikunto, Suharsimi. (2000). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi Ke 3. Jakarta: Rineke Cipta
Djumhur, I dan Moh. Surya. (2000). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Aneka Imu Bandung
E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Muhammad Ali. (2000).Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).