Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Melalui Kompetensi Guru

Atun Rohatun Faridah

Abstract


Permasalahan peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq siswa di sekolah merupakan permasalahan yang belum terpecahkan sejalan dengan kompleksitas perubahan lingkungan yang begitu cepat dan dinamis, hal ini terjadi karena belum optimalnya perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang dilakukan. Peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq siswa terus diupayakan oleh kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling, maupun guru aqidah akhlaq, baik melalui kegiatan pembelajaran (kurikuler) maupun ekstrakurikuler, akan tetapi belum memberikan dampak yang optimal bagi peningkatan aqidah dan akhlak siswa baik ditinjau dari sisi proses maupun output pembinaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; a) perencanaan peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi  guru, b) pelaksanaan peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, c) penilaian peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, dan d) faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak melalui kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah Al Munawaroh Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang. Sebagai mana yang dikemukakan oleh Moh. Surya (2004: 75), yaitu “prestasi belajar adalah hasil belajar atau perubahan tingkah laku yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap setelah melalui proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya”. Melalui metode deskriptif, penelitian ini berfokus untuk melihat, mengetahui dan mempelajari bagaimana peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Munawaroh dan Madrasah Ibtidaiyah Banjarsari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Hasil temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa penelitian menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif melalui observasi, wawancara, dan teknik pengumpulan data. Perencanaan dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru, sejalan dengan visi dan misi yang dikembangkan oleh sekolah, perencanaan pengajaran dengan perumusan tujuan peningkatan prestasi belajar siswa yang ingin dicapai. Pelaksanaan dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru diantaranya diawali dengan cara menanamkan aqidah dan akhlaq pada diri individu siswa. Penilaian dalam peningkatan prestasi belajar aqidah akhlaq melalui kompetensi guru dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengukuran sikap, dan penilaian diri. Faktor Pendukung, guru terus memotifasi siswa untuk sering membaca buku yang sesuai,  dan terus menerus melaksanakan pembiasaan(sholat dhuha,sholat dzuhur berjamaah, dan hafalan zuz 30) secara rutin, adapun faktor penghambat, faktor internal dan eksternal siswa. Tolak ukur secara kualitatif, cukup meningkat dan berhasil pencapaian tujuan pembelajaran siswa, dengan diproyeksikan hafal sebagian zuz ketiga puluh, bersikap santun dan terbiasa sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah. Adanya sinergitas yang harmonis diantara orang tua, guru, kepala sekolah, komite juga pengawas akan lebih berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.


Keywords


Aqidah Akhlaq; Karakter; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib, Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Ahmad Tafsir. (2008). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda karya

Arikunto, Suharsimi. (2000). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi Ke 3. Jakarta: Rineke Cipta

Djumhur, I dan Moh. Surya. (2000). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Aneka Imu Bandung

E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Muhammad Ali. (2000).Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




Journal Pendidikan Agama Islam An Nida Pascasarjana PAI UNINUS published by Magister Islamic Education, Faculty of Islamic Education, Universitas Islam Nusantara Bandung-Indonesia Jl. Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung 40286. It is published in printed and electronic form.

Index in:

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.