RESIKO PETUALANGAN ALAM TERBUKA UNTUK ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR ANAK (di Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi Cicalengka Bandung)

Authors

  • Sri Handajani

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.690

Abstract

Anak-anak dan remaja pengguna gadget di Indonesia cukup tinggi. Untuk
mengurangi ketergantungan anak-anak dengan memberikan alternatif kegiatan
yang juga memberikan pengaruh positif dalam pengembangan karakter anak.
Resiko Petualangan atau bermain resiko di alam terbuka dapat dijadikan salah
satu pendidikan alternatif yang dapat memberikan gambaran kepada orang tua
atau tenaga pendidik untuk menumbuhkan kesadaran dan respek anak terhadap
dirinya, orang lain dan lingkungan dan meningkatkan kreativitas berpikir anak
usia dini. Hasil evaluasi pendidikan dan pelatihan Resiko Petualangan di alam
terbuka adalah memberikan sebuah pendidikan alternatif dalam pengembangan
karakter yang dapat dikembangkan di sekolah sekolah atau kelompok bermain.
Kegiatan ini diharapkan dapat dikembangkan dan dijadikan solusi pemecahan
masalah bagi anak-anak yang mengalami ketergantungan terhadap gadget.
Diharapkan guru-guru dapat membuat kegiatan yang sifatnya kognitif tetapi
mengembangkan sisi afektif dan psikomotorik anak-anak.

References

Badan Diklat Wanadri. (2008). Diktat Pendidikan Dasar Wanadri 2008, Bandung.

Baden-Powell, Robert. (2008). Berkelana menuju Keberhasilan, Bandung, Puslit KP2W Lemlit Unpad.

Cevimli-Celik, S., Kirazci, S. & Ince, M. L., 2011. Preschool movement education in Turkey: perceptions of preschool administrators and parents. Early Childhood Education Journal, 39, 323-33

Hunt, J. (1990). Ethical Issues in Experiential Education. Boulder, CO: AEE.

Hutson, G., Montgomery, D. & Caneday, L., 2010. Perceptions of outdoor recreation professionals toward place meanings in natural environments: a Q-method inquiry.Journal of Leisure Research, 42 (3), 417-42.

Jordet, A.N., Bjørnebye, M., Bartunek, D., Hronzova, M., Kätting, E. & Brage, C.,2009. Outlines - outdoor learning in elementary schools, from grassroot to curriculum in teacher education, guidelines to a foundation course [online].Available from: http://www.outdooreducation.dk/files/Guidelines%20to%20a%20Foundation %20Course_20061113_lille2.pdf [accessed 15.10.11, 23.56].

Kanters, M. A., Bristol, D. G. & Attarian, A., 2002. The effects of outdoor experiential training on perceptions of college stress. The Journal of Experiential Education, 25 (2), 257-67.

Koesoema A., Doni. (2007). Pendidikan Karakter, Jakarta : Grasindo

Knowles, M.S., (1997), The Modern Practice of Adult Education, New York: Association Press.

___________, (1990), The Adult Learner A Neglected Species, Houston: GulfPublishing Company.

Mortlock, Collin. (2001). Beyond Adventure, Milnthorpe Cumbria UK, Cicerone Press.

_________(1984). The Adventure Alternative, Milnthorpe Cumbria UK, Cicerone Press.

_________(1973). Adventure Education and Outdoor Pursuits, London : Physical Education Association

Downloads

Published

2019-11-04