MANAJEMEN BOARDING SCHOOL UNTUK MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK SMA DI KOTA BANDUNG (Penelitian Kualitatif di SMA Boarding School Daarul Qur’an)

Authors

  • Hanafiah Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • M. Hasan Basari Universitas Islam Nusantara
  • Fitri Handayani Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.682

Abstract

Degradasi karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas merupakan
permasalahan yang terus diperbicangkan oleh orang tua, pendidik, masyarakat
dan pemerintah. Salah satu solusi alternatif yang dikembangkan saat ini
adalah pembinaan karakter melalui sekolah berbasis Asrama (Boarding
School). Sekolah Menengah Atas Daarul Qur‘an, yang menawarkan
penddikan Karakter melalui Boarding School secara terpadu antara pembinaan
karakter model kemendikbud dan model ciri khas keislaman. Model Sekolah
Menengah Atas Daarul Qur’an ini para peserta didik dibina dengan mata
pelajaran karakter kenegaraan, penguasan Ilmu Teknologi dan Seni, diperkuat
lagi dengan program unggulan hapalan Al Qur’an 30 Juz, penguasaan Tauhid
keimanan, sejarah keislaman, Balagoh, Ma’ani, Nahwu shorof, Ilmu Fiqh,
dan ilmu Faroidh. Disamping itu para peserta didik dibina untuk menguasai
bahasa arab bahasa inggris sebagai wujud peduli terhadap globalisasi dan juga
dituntut untuk mempelajari bahasa sunda sebagai wujud kepedulian terhadap
kearifan lokal. Sekolah Menengah Atas boarding school Daarul Qur’an dalam
menjamin pengembangan mutu berkelanjutan sekuat tenaga mengaplikasikan
manajemen professional dimana di dalamnya dilakukan proses perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan secara terpadu melalui
pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya yang mendukung
dalam mencapai visi yang telah ditetapkan ditengah perubahan lingkungan yang
kompleks dan dinamis.

References

Budimansya, Dasim (2012) , Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter, Bandung, Widya ksara press.

Ghazali, Imam (2003), Ringkasan Ihya Ulumudin, Surabaya, Bintang Usaha Jaya.

Hery. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta : Grasindo.

Handayani, F. (2018).”Kajian Pengembangan Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Pendidikan Jawa Barat. 9 (1),64.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter . Jakarta

Siswanto.(2015). Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Zuchdi, Darmiyati.(2008). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-11-04