PENERAPAN MANAJEMEN IKLIM BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.635

Abstract

Peningkatan perkembangan ABK harus selalu dilaksanakan di rumah
dan sekolah. Peningkatan Perkembangan ABK yang dilakukan oleh pihak
guru dan orang tua kurang maksimal, dikarenakan guru belum optimal
mengelola suasana hubungan dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan
menyenangkan di sekolah, begitu juga orang tua belum optimal mengelola
hubungan dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan
ABK di rumah. Guru dan orang tua harus ditingkatkan kompetensi kognitif,
afektif dan psikomotornya. Dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki ABK,
guru dan orangtua kemungkinan besar akan semakin sulit dalam meningkatkan
perkembangan ABK. Tujuan pembahasan ini adalah menggambarkan penerapan
manajemen iklim budaya sekolah dalam meningkatkan perkembangan ABK.
Oleh karena itu, dalam pembahasan ini akan menguraikan tentang bagaimana
manajemen iklim budaya sekolah dalam meningkatkan perkembangan ABK.
Manajemen iklim budaya sekolah itu sebagai hasil penelitian pada beberapa
sekolah di tingkat SLTA, SLTP dan Tingkat Dasar. Pembahasan dalam
artikel ini sangat didasari oleh hasil penelitian tersebut.

References

Alexander, Schneider. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Winston.

Bertolino Bob & O’Hanlon Bill.(2002). Collaborative, Competency-Based Counseling and Therapy. Allyn & Ballon.

Elizabet, Hurlock. (1950). Child Development. New York. Mc Graw Hill Book Company.Inc.

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Gunarto. (2004). Implementasi Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Raja Grafindo.

Havighurs. (1961). Human Development & Education. New York: David Mckay Co.

Joseph, AK. (2001). Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik. Jakarta. PT Gunung Agung.

Karwati, Euis & Effendi, Gatot Yusuf (2015). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Iklim Budaya Sekolah. (PKSMPISBS). RISTEKDIKTI. Tahun 1

Karwati, Euis & Mulya, Djem Bangun. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Iklim Sosial Budaya Sekolah (PKSMPISBS). RISTEKDIKTI. Tahun 2.

Lindgren, C.H. (1980). An Introduction to Social Psychology, 2nd.Ed New Delhi:Wiley Estem Private Limited.

LN, Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-11-04