STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA BANDUNG

Authors

  • R. Supyan Sauri

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.631

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi Peningkatan Mutu
Pendidikan di SPs Uninus sebagai upaya dalam meningkatkan mutu input,
proses, output-outcome. Hal ini sangat penting mengingat permasalahan kinerja
mutu program studi begitu kompleks dari mulai input mahasiswa, proses belajar
mengajar, pemenuhan standar kelulusan, sarana prasarana dan sumber daya
manusia. Permasalahan lain dalam tatakelola program studi belum optimalnya
pelaksanaan standar mutu pendidikan tinggi baik akademik maupun non
akademik. Studi ini menggunakan pendekakatan penelitian kualitatif dengan
metode studi kasus. Penelitian dilakukan pada Gugus Penjaminan Mutu
(GPM), Unit Penjamiman Mutu (UPM) dan Program Studi di SPs Uninus.
Teknik pengumpulan data: observasi langsung, penelusuran dokumen dan
arsip, serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya
kebijakan dan konsep SPMI berupa dokumen standar mutu akademik dan
dokumen standar mutu non akademik yang disusun oleh DPM sebagai acuan
dalam merumuskan standar mutu pada level Program Studi, berkoordinasi
dengan GPM dan UPM dalam penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan standar mutu di Program studi; (2) Implementasi SPMI dilaksanakan dengan penyusunan rancangan berupa siklus SPMI; (3) kendala yang dihadapi komitmen pimpinan belum optimal, jumlah tenaga auditor sangat  terbatas, kegiatan SPMI hanya dilakukan sebatas rutinitas (4) langkah yang ditempuh dalam mengantisipasi kendala berupa penyediaan tenaga ahli dalam pelaksanaan SPMI, pelatihan untuk auditor muda, menumbuhkan semangat penjaminan mutu, melaksanakan evaluasi dalam setiap semester. Pemanfaatan hasil evaluasi SPMI dalam rangka membangun budaya mutu, peningkatan peringkat akreditasi BAN-PT dan pemuasan kepada pelanggan.

References

Arcaro, Jerome S. (2007) Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brojonegoro, S.S. (2006).Paradigma Baru Penataan Perguruan Tinggi. Makalah.

Deming, W.E. (1982) Out of Crisis : Quality, Productivity and Competitive Position. Cambridge: Cambridge University Press.

............. (1982) Quality, Productivity, and Competitive Position. Cambridge: Cambridge University Press

Depdiknas. (2002). Buku Pedoman Evaluasi diri., Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Depdiknas.

.............. (2008). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

............. (2006). Pedoman Pengelolaan Standard Mutu Perguruan Tinggi, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Downloads

Published

2019-11-04