HUMAS PEMERINTAH 4.0

Authors

  • Yosal Iriantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v16i1.630

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang melahirkan Revolusi Industri 4.0 juga berdampak pada praktik humas/PR termasuk praktik humas pemerintahan. Salah satu perubahan praktik humas itu adalah masuknya media sosial sebagai salah satu media kehumasan yang penting sekaligus juga merupakan media yang digunakan publik untuk menyebarluaskan informasi pada sesamanya. Bagaimana media sosial ini digunakan dalam praktik humas pemerintahan merupakan kajian yang dilakukan dalam tulisan ini. Karena media sosial kini merupakan bagian penting dalam kegiatan komunikasi manusia, tentu juga menuntut humas pemerintahan memanfaatkan media sosial ini untuk dapat dengan cepat merespons informasi yang perlu penjelasan lebih lanjut dari pihak pemerintah.

References

Brown, Rob (2009) Public Relations and the Social Web: Using Social Media and Web 2.0 in Communications Philadelphia PA: Kogan Page Limited

Browning, Nicholas (2010) Beyond Excellence Theory: A Critical Examination of the Grunigian Model. Tesis. Athens, Georgia: University of Georgia

Das, K. et.al. (2016) Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity Jakarta: McKinsey Indonesia Office Instruksi Presiden No. 9/2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik

Joo, Tang Miang dan Teng, Chan Eang (2016) “The Use of Social Media in PR: A Change of Trend” dalam International Journal of Humanities and Social Science Vol. 10/No. 4. Hlm. 1270 – 1288

Laksamana, Agung (2018) “Humas Indonesia Menuju Industri 4.0” dalam Warta Ekonomi.co.id Kamis, 24 Mei 2018 13:06 WIB

Meranti dan Irwansyah (2018) “Kajian Humas Digital: Transformasi dan Kontribusi Industri 4.0 Pada Stratejik Kehumasan” dalam Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol.7 No. 1, Juni 2018 hlm. 27 - 36

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 28/2011 tentang Pedoman Umum Komunikasi Organisasi di Lingkungan Instansi Pemerinrah

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 83/ 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah

Perry, David K. (2002) Theory and Research in Mass Communication Contexts and Consequences 2nd Ed. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc

Silalahi, Rut Rismanta, Bestari, Puri dan Saputra, Windhi Tia (2017) “Karakteristik Strategi Crowdsourcing Untuk Membatasi Penyebaran Hoaks Di Indonesia Studi Kasus: Masyarakat Anti Fitnah Indonesia” dalam MetaCommunication; Journal Of Communication Studies Vol 2 No 2 September 2017

Ströh, U. (2007) “The Conundrum of Public Relations Versus Marketing: Clarifying the Differences in Terms of Relationship Management” dalam PRism 5(1)

Verma, M. (2015) “Public Relations: Scope and Challenges in Digital Era” dalam Media Watch 6 (1) hlm. 148 – 152

Wright, Donald K. dan Hinson, Michelle Drifka (2017) “Tracking How Social and Other Digital Media are Being Used in Public Relations Practice: A Twelve-Year Study” dalam Public Relations Journal Vol. 11, Issue 1 (Juni 2017)

Downloads

Published

2019-11-04