PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMAN 11 KOTA BANDUNG

Authors

  • Usep Suherman
  • Ifah Khadijah
  • Laela .

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v15i1.580

Abstract

Pembelajaran Biologi masih didominasi oleh aktifitas guru. Kelas berfokus
pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan berpegang pada buku paket
saja. Kegiatan pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswa
untuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit dalam situasi yang nyata.
Permasalahan tersebut dapat di atasi menggunakan pendekatan pembelajaran
kooperatif dengan model Student Teams Achivement Division (STAD).
Penelitian tindakan kelas digunakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil
belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Bandung. Hasil penelitian
menunjukkan, pada materi Menentukan ekosistem dan saling hubungan
antara komponen ekosistem. Pada siklus I, siswa yang mengikuti tes terdapat
sebanyak 5 siswa yang tuntas. Siswa tersebut dikatakan tuntas karena hasil
tes yang diperoleh telah mencapai nilai KKM. Siswa yang dikategorikan tidak
tuntas sebanyak 15 siswa, karena hasil tes yang diperoleh belum mencapainilai KKM. Dengan ketuntasan secara klasikal pada tes silus I adalah 25%. Sedangkan pada siklus II, dengan materi mengindentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem, telah mengalami peningkatan yaitu siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 20 siswa atau 100%, siswa yang dikategorikan tuntas. Dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achivement Division dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Kelas X SMA Negeri 11 Kota Bandung, pada materi Ekosistem.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara

Arends. 2008. Learning To Teach. Terjemahan oleh Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aprilia, S. 2010. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Protista. SKRIPSI.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Aunurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Corebima, A.D. 2010. Berdayakan keterampilan berpikir selama Pembelajaran Demi Masa Depan kita. Makalah

Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Guru SMA. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas. Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran MIPA. Jakarta: PMPTK Depdiknas.

Fong, H.F. 2007. The Exploring The Effectiveness Off Cooperative Learning as a Teaching and Learning Strategy in The Physic Classroom, Proceedings of The Redesigning Pedagogy: Culture, Knowledge and Understading, Singapore, 28-30 Mei

Hasan, Said. 2011. Strategi Pembelajaran Cooperatif dalam Upaya Memperdayakan Metako nisi Siwa Kls 5 SD Kota Ternate. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unversitas 11 Maret, 2011.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Kunandar. 2009. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembanagan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Mas’ud Abd. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Lep Khair

Mas’ud Abd. dan Sundari. 2010. Penelitian tindakan kelas, di Siapkan untuk Guru dan Calon Guru. Ternate :Lep-Khair

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanic with Gender, High school physic, and Pretest Scores on Mathematic and Spatial Visualization.

Herlina. 2007. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa (Eksperimen di Kelas VII MTS. Al-Mafatih Palmerah). SKRIPSI. Jakarta.

Maisaroh, Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. (8) No. 2. Hal : 157-172

Marlina. 2011. Pengaruh Model Cooperative Learning Teknik Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Skripsi Biologi. Jakarta

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan:Bandung: Remaja Rosda Karya.

Published

2019-08-14

Issue

Section

Artikel