PENINGKATAN PDB (PRODUK DOMESTIK BRUTO) MELALUI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA (STUDI PROYEK PERENCANAAN BISNIS DALAM MENGEMBANGKAN PRODUK UNGGULAN DESA TEPUNG MOCAF DI DESA CIKAHURIPAN)

Authors

  • Darwin Nahwan Universitas Islam Nusantara
  • Rahmi Rismayani Deri Universitas Islam Nusantara
  • Rafika Ratik Srimurni Universitas Islam Nusantara
  • Iwan Satrio Nugroho Universitas Islam Nusantara
  • Siti Nur Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v20i1.2688

Abstract

Indonesia mengalami penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia pada 2020 yang turun sebesar 3,7% sebagai dampak dari Pandemi Covid -19. Untuk pemulihan ekonomi nasional dan mendukung penguatan ekonomi nasional, Bank Indonesia (BI) menetapkan Kebijakan Moneter melalui dukungan insentif dan peningkatan akses pembiayaan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dan desa wisata, termasuk kebijakan makroprudensial; serta Mendorong sinergi program dalam pengembangan UMKM pendukung pariwisata dan desa wisata, termasuk memperluas digitalisasi transaksi pembayaran. PDB turun dari 59,1 juta per kapita di tahun 2019 menjadi 56,9 Juta pada tahun 2020.  UMKM merupakan sektor yang sangat signifikan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). UMKM sepanjang tahun 2022 telah mencapai jumlah 8,71 Juta Unit. Menurut Laporan UNCTAD, UMKM berkontribusi sebesar 60,3 persen terhadap PDB dan menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Jumlah pelaku UMKM sebanyak 59,2 juta pelaku. Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan bahwa dalam pemasaran produknya sudah terdapat 3,79 juta usaha UMKM yang telah menggunakan platform online dalam memasarkan produknya. Pemulihan ekonomi nasional sangat didukung oleh kemajuan 8.506 kelurahan; 74.961 desa melalui dana desa sebesar 68 triliun dengan prioritas kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa.

Desa CIKAHURIPAN, kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang dengan potensi desa wisata hijau memiliki potensi UMKM yang sangat besar. Penelitian kali ini bertujuan membahas mengenai perancangan ddan pengembangan manajemen industri produk Desa CIKAHURIPAN. Metode penelitian dengan metode Kualitatif berbasis Grounded Theory. Hasil penelitian bahwa jika desa mampu memanfaatkan sengenap potensi dan dioptimalkan dengan penggunaan dana desa akan meningkatkan pendapatan masyarakat desa yang jika diduplikasikan akan meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh.

References

Anindita, B. P., Antari, A. T., & Gunawan, S. (2012). Pembuatan MOCAF (Modified Cassava Flour) dengan Kapasitas 91000 ton/tahun. Jurnal Teknik ITS, 8(2), 170-175.

Gardjito, M., Djuwardi, A., & Harmayani, E. (2013). Pangan nusantara karakteristik danprospek untuk percepatan diversifikasi pangan. Jakarta: Kencana.

Ihromi, S., Marianah, & Susandi, Y. A. (2018). Substitusi Tepung Terigu Dengan Tepung MOCAF Dalam Pembuatan Kue Kering. Jurnal Agrotek, 5.

Kamsidah, 2022 Optimalkan Potensi UMKM terhadap PDB Indonesia melalui Lelang UMKM. Link : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/15395/Optimalkan-Potensi-UMKM-terhadap-PDB-Indonesia-melalui-Lelang-UMKM.html

Kristianti, D., Setiaboma, W., & Herminiati, A. (2020). Karakteristik Fisikokimia dan Organoleptik Cookies MOCAF dengan Penambahan Tepung Tempe. BIOPROPAL Industri, 11(1), 1-8.

Mas’udah, N. (2020). Mie Sehat: Sebagai Usaha Pengereman Impor Terigu dengan Menggunakan Bahan Substitusi Alami. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Nagari Lunang Tiga, 2023 Permendesa PDTT Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023. LInk : https://lunangtiga.digitaldesa.id/berita/permendesa-pdtt-nomor-8-tahun-2022-tentang-prioritas-penggunaan-dana-desa-tahun-2023

Nugraheni, M., Handayani, T. H., & Utama, A. (2015). Pengembangan MOCAF (Modified Cassava Flour) untuk Peningkatan Diversifikasi Pangan dan Ekonomi Pasca Erupsi Merapi. Inotek, 19(1), 52-69.

Supariyanto, Eko, 2022. Peran Dana Desa dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19; Link : https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/3854-peran-dana-desa-dalam-pemulihan-ekonomi-nasional-dan-penanganan-covid-19.html

Putri, A. E. V. T., Pratjojo, W., & Susatyo, E. B. (2015). Uji Proksimat dan Organoleptik Brownies dengan Substitusi Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour). Indonesian Journal of Chemical Science, 4(3), 168-171.

Riswanto, Oka, A. A., Suptihatin, S., Santoso, T., Wijaya, L., & Sari, N. I. (2019). Pelatihan Pembuatan Tepung MOCAF sebagai Pengganti Tepung Terigu di Kelompok Wanita Tani Enggal Mukti. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2), 150-153.

Selian, N, A., Ridwansyah, & Ginting, S. (2019). Karakteristik Mutu Fisik, Kimia, dan Fungsional Tepung Ubi Kayu dan MOCAF dengan Metode Pengeringan Konvensional dan Pengeringan Mekanis. Jurnal Rekayasa Pangan dan Teknologi,7(2), 99-105.

es

Downloads