MENELAAH STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK KARYA SISWA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR

Authors

  • Andarini Rani Probowati
  • Rosi Yuliana

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v18i0.1341

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan struktur teks cerita pendek meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda teks cerita pendek karya siswa untuk dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar memproduksi teks cerita pendek di kelas XI SMA. Metode yang digunakan adalah tulisan kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis struktur teks, dapat dijelaskan bahwa jumlah yang termasuk ke dalam struktur abstrak berjumlah 8 karya dengan presentase 20%, struktur orientasi berjumlah 40 karya dengan presentase 100%, struktur komplikasi berjumlah 37 karya dengan presentase 92%, struktur evaluasi berjumlah 26 karya dengan presentase 65%, struktur resolusi berjumlah 25 karya dengan presentase 62%, dan struktur koda berjumlah 22 karya dengan presentase 55%. Berdasarkan presentase tersebut, rerata penggunaan struktur teks cerita pendek karya siswa telah memenuhi kriteria. Teks cerita pendek karya siswa SMA Negeri 12 Bandung yang sudah dinyatakan sesuai berdasarkan hasil analisis, dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar memproduksi teks cerita pendek di kelas XI SMA.

Author Biographies

Andarini Rani Probowati

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rosi Yuliana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara

References

Aksa, Hermawan. 2015. Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa Cendekia.

Aminudin. 2009. Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pribumi Mekar.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Tulisan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemdikbud. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI Semester I. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Jakarta.

Kosasih. E. 2016. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kumpulan RTeks Cerita Pendek Hasil Karya Siswa SMAN 12 Bandung. 2016. Bandung.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2015. Metode Tulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, J. 2004. Seluk-beluk dan Petunjuk Menulis Certa Pendek. Bandung: Pustaka Latifah.

Published

2021-11-29

Issue

Section

Artikel