PENJADWALAN DAN PENGENDALIAN PROYEK PLTS PT.Y MENGGUNAKAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD DAN EARNED VALUE METHOD

Authors

  • Rahmi Rismayani Dewi

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v18i2.1262

Abstract

PT.B bekerjasama dengan PT.Y dalam Pembangunan PLTS B di Pulau Koja, kontrak perjanjian selama 180 hari kalender. Metode penjadwalan proyek yang digunakan oleh perusahaan tersebut untuk proyek PLTS Pulau Koja adalah metode Gantt Chart dan Kurva S dimana proyek direncanakan selesai dalam waktu 173 hari kalender. Dalam upaya menghindari keterlambatan dalam pelaksanaan proyek dibutuhkan metode penjadwalan yang tepat untuk dapat menyelesaikan proyek dengan waktu yang optimal. Precedence Diagram Method  (PDM) adalah jaringan kerja yang termasuk klarifikasi AON (activity on node). Dengan penjadwalan proyek dengan menggunakan metode PDM pada proyek tersebut, perusahaan dapat mengetahui hubungan keterkaitan antar kegiatan dan kegiatan kritis yaitu kegiatan yang apabila satu kegiatan saja yang pelaksanaannya terlambat menyebabkan keterlambatan penyelesaian proyek secara keseluruhan. Berdasarkan laporan kemajuan pelaksanaan proyek PLTS Pulau Koja PT Y saat ini proyek tersebut telah memasuki minggu ke-20 dimana bobot pekerjaan yang telah terealisasikan adalah sebesar 79.66%, sementara itu berdasarkan perencanaan bobot pekerjaan yang seharusnya sudah terselesaikan sebesar 85.9%. Hal ini menunjukan telah terjadi penyimpangan realisasi pelaksanaan terhadap rencana. Pengendalian proyek dengan menggunakan Earned Value Method, PT Y dapat mengetahui biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut dan lama pengerjaan 195 hari.

References

Arianto, Arif. (2010). Eksplorasi Metode Bar Chart, CPM, PDM, PERT, Line Of Balance dan Time Chainage Diagram dalam Penjadwalan Proyek Kontruksi [Tesis]. Semarang : UNDIP.

Atin, Sufa. Cahyana, Nori. Pemanfaatan Precedence Diagram Method (PDM) dalam Penjadwalan Proyek di PT.X [Jurnal]. Bandung : UNIKOM.

Dimyati, Tjutju Tarliah dan Dimyati, Akhmad. (2002). Operation Research “Model Pengambilan Keputusan” Terbitan Kelima. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Ekanugraha, Arif R. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode CPM dan PERT (Studi Kasus Pembangunan Terminal Binuang Baru Kec. Binuang). Yogyakarta : FTI UII.

Emanuel, Andi WR. Toba, Hapnes. Djajalaksana, Yenni M. (2009). Panduan Lengkap Mengelola Proyek dengan Microsoft Project Professional . (2007) . ResearchGate.

M.Husen Abrar. (2009). Manajemen Proyek, Yogyakarta : ANDI.

Project Management Institute. (2004). A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide) Third Edition. USA : Four Campus Boulevard, Newtown Square.

Soeharto, I. (1999). Manajemen Proyek dari (Konseptual hingga Operasional), Jilid I Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga.

Widiasanti, Irika. Lenggogeni. (2013). Manajemen Kontruksi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

https://feriantoraharjo.wordpress.com/2018/07/01/ms-project-mengatur-format- tampilan-lintasan-kritis-pada-gantt-chart/. ( 1 Juli 2019)

Published

2021-06-19

Issue

Section

Artikel