KONTROL KUALITAS KAIN GREY MENGGUNAKAN METODE SQC MELALUI SUPERVISORY SKILL DAN DIGITAL VISUAL MONITORING

Authors

  • Raden Aries Sofwan Zarkasih
  • Iwan Satriyo Nugroho
  • Rafika Ratik Sri Murni
  • Darwin Nahwan

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v18i2.1261

Abstract

CV. JL adalah perusahaan tekstil yang memproduksi Kain Greige yang memiliki 3 grade kualitas dari kualitas tertinggi ke yang terendah yaitu grade A, B dan C. Permasalahan saat ini perusahaan menargetkan produk kualitas Grade B dan C di bawah 3%, dimana, namun pencapaiannya 4,3%. Hal ini berdampak pada terus turunnya keuntungan perusahaan hingga 8%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan mengontrol kualitas produksinya sehingga mencapai kualitas diatas 97%. Hal ini dilakukan melalui sistem Quality Assurance dengan Supervisory Skills dan Digital Visual Monitoring. Melalui analisis proses produksi, diketahui bahwa stasiun kerja Warping merupakan stasiun kerja yang memiliki titik paling kritis untuk cacat kain.

Metode yang digunakan adalah Statistical Quality Control (SQC), sebagai alat untuk Analisis Pengendalian Mutu dengan tindak lanjut penerapan Penjaminan Mutu melalui peningkatan sumber daya manusia dan digitalisasi untuk pemantauan proses secara real-time. Sistem digital yang dirancang dan dibangun ini memiliki anggaran yang sangat rendah dan user friendly untuk operator dan supervisor

Data tersebut dianalisis dan diolah menggunakan data primer dan sekunder, dimana data primer merupakan hasil observasi dan wawancara serta data sekunder melalui analisis data perusahaan.

Hasilnya adalah  grade B dan C turun menjadi 2,8% pada Desember 2019.


References

Douglas. 2011.Introductionto Statistical Quality Control. SixthEdition. Hoboken: John Wiley & Sons,Inc.

Fahmi, Irham, 2018, Manajemen Produksi dan Operasi, Alfabeta, Bandung

Hasbullah, 2020, Training Material Manufacturing Supervisor, Indonesia Daya Taruna

Hasibuan, Malayu S.P,2018, Manajemen Sumber Daya Manusia , Bumi Aksara, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat dan Ridho Bramulya Ikhsan. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Mitra, Amitava. 2008. Fundamentals of Quality Control and Improvement. Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Montgomery, C. Douglas. 2011. Introduction to Statistical Quality Control. Sixth Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Owen, Fred. Maidment , Derek , Quality Assurance: A Guide to the Application of IS0 9001 to Process Plant Projects, 1996. Published by Institution of Chemical Engineers, Davis Building,165-189 Railway Terrace, Rugby, Wanvickshire CV21 3HQ, UK.

Sickinger, Rajka- Nagorni. Schwanke, Janna., 2016 The New ISO 9001 : 2015 Its Opportunity and Challenges, Tampere University of Applied Sciences, Tampere

Sedarmayanti, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketujuh, Aditama, Jakarta

Sofyan, Diana Khairani, 2013 Perencanaan dan Pengendalian Produksi , Graha Ilmu, Yogyakarta

Tricker, Ray. Sherring-Lucas, Bruce , ISO 9001: 2000, 2016, Second Edition Oxford OX2 8DP30 Corporate Drive, Burlington, MA 01803

Published

2021-06-19

Issue

Section

Artikel