PERAN PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung)

Authors

  • Deden Ahmad Faoz Almadani

DOI:

https://doi.org/10.30999/medinus.v18i2.1259

Abstract

Pesantren  memiliki peran yang sangat besar  di dalam masyarakat, yaitu sebagai lembaga tafaqquh fi al-din dan lembaga sosial kemasyarakatan. Penelitian ini mencoba untuk menjelaskan bagaimana peran  pondok pesantren Al-Ittifaq dalam  dalam mengembangkan pendidikan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pondok pesantren Al-Ittifaq merupakan salah satu pesantren agribisnis yang berbasis masyarakat. Pesantren ini berada di desa Alam Endah kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Jawa Barat. Melalui pendekatan kualitatif ditemukan peran  pesantren ini dalam membantu mengembangkan pendidikan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan telah diakui berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah.

References

Amin Haedari.2006.”Transformasi Pesantren”Jakarta, Media Nusantar

Sugiyono.2014.”Metode Penelitian Manajemen”Bandung, Alfabeta

Tim Pekapontren. 2004.”Potensi Ekonomi Pondok Pesantren” Departemen Agama Republik Indonesia

Bogdan Robert C, Biklen Sari Knop.1992.”Qualitative for Education an introduction to Theory Methods. Boston London Sydney-Toronto : Allyn and Bacon

Moleong, LJ. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.”Bandung: Rosda

Ali Aziz. 2005.”Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat-Manajemen Pesantren”. Yogyakarta, Pustaka Pesantren

Nurhattati Fuad. 2010. “Pendidikan Berbasis Masyarakat : Studi Kasus di Pesantren Al-Ittifaq Bandung”Jurnal Edukasi Kemenag. Volume 8, No 3, Desember 2010

https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp

Published

2021-06-19

Issue

Section

Artikel