EKSPLORASI PERAN MEDIA DALAM PEMAHAMAN KEAGAMAAN GENERASI MUDA

Authors

  • Regita Cahya Karima Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2528

Keywords:

Media Entertainment, Teenagers, Religion.

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memberikan critical review terhadap artikel penelitian yang berjudul: “Religion, Twice Removed: Exploring the Role of media in Religious Understanding among “Secular” Young People” yang dimuat dalam buku Everyday Religion “Observing Modern Religious Lives” Edited by Nancy T. Ammerman tahun 2007. Penelitian yang dilakukan oleh Lynn Schofield Clark, ini melalui risetnya menyatakan bahwa saat ini para remaja secara tidak sengaja menggunakan banyak sumber untuk mengetahui bentuk, memahami ranah-ranah agama dan hubungannya dengan mereka. Hasil review terhadap artikel ini adalah: (1) review aspek teoritis, menghasilkan: Teori yang mendukung konsep yang, yaitu: Teori konstruksi realitas sosial dari Peter Berger dan Thomas Luckman. Teori ini menjadi sebuah pemikiran terkenal dan disegani dalam ilmu sosial karena berhasil mengembangkan model bagaimana dunia sosial terbentuk. Realitas sosial dianggap eksis dengan sendirinnya dan dibantu struktur dunia sosial bergantung kepada manusia yang menjadi subjeknya. (2) review aspek metodologis menghasilkan: Penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif dari 71 remaja antara usia 11-20 yang “not-so-religious”, memiliki tujuan untuk menggambarkan. Mendeskriptifkan, melukiskan secara sistematik, faktual serta akurat tentang fakta, sifat yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti. 3) review atas hasil menyatakan bahwa saat ini para remaja menggunakan media entertainment untuk memahami agama dan berhubungan dengannya.

Kata kunci: Media Entertainment, Remaja, Agama

References

Baudrillard, J. (1998a). Simulacra and Simulations. Polity Press.

Baudrillard, J. (1998b). The Consumer Society: Myths and Structures. Sage Publications.

Berger, P. L., & Luckman, T. (2013). Tafsir Sosial atas Kenyataan. In H. Basari (Trans.), Tafsir Sosial Atas Kenyataan. LP3ES.

Bungin, B. (2002). Konstruksi Sosial Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media massa, Iklan televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L Berger &Thomas Luckman. Kencana Prenada Media.

Clark, L. S. (2007). Religion, Twice Removed: Exploring the Role of Media in Religious Understandings among “Secular” Young People. In Everyday Religion: Observing Modern Religious Lives. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195305418.003.0004

Elizabeth B, H. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Erlangga.

Gunarso. (1996). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Gunung Mulia.

Harjanti, D. K. S. (2021). Kesejahteraan Psikologis pada Remaja Panti Asuhan Ditinjau dari Internal Locus of Control dan Spiritualitas. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1). https://doi.org/10.22146/gamajop.62236

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., dan Haditomo, S. R. (2004). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagian. Gajah Mada Press.

Nurhadi, Z. (2015). Teori-Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia.

Peter L. Berger. (1991). Langit Suci: Agama Sebagai Realitas Sosial (Hartono (trans.)). LP3ES.

Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran Orangtua Sebagai Pendidik Dan Pembentuk Karakter Spiritualitas Remaja. Jurnal Shanan, 3(2). https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1581

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Utomo, K. D. M. (2018). Identitas Diri Dan Spiritualitas Pada Masa Remaja. PEMBAHARUAN GEREJA MELALUI KATEKESE.

Published

2022-12-28