METODE KOMUNIKASI INTERPERSONAL: STUDI KASUS PEMBINAAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN AS-SYUHADA BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30999/lantera.v1i1.2510

Keywords:

Guidance of Akhlakul Karimah, Students, Pondok Pesantren.

Abstract

Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang mempunyai peran penting bagi para santri guna membangun akhlak. Untuk memiliki akhlak yang baik diperlukan latihan-latihan serta pembinaan yang baik pula, sehingga dari latihan yang biasa mereka jalani setiap harinya, para santri mampu menanamkan pesan-pesan moral yang terkandung dalam pembinaan akhlakul karimah di Pondok Pesantren. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui metode pembinaan akhlakul karimah santri, (2) Mengetahui pembinaan akhlaqul karimah, (3) Mengetahui hasil komunikasi interpersonal kiai dengan santri dalam pembinaan akhlakul karimah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlakul karimah santri dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode keteladanan, metode latihan dan pembiasaan, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Bandongan. (2) Setiap santri wajib melakukan kegiatan intensif madrasah diniyah, salat berjamaah, tradisi aswaja, organisasi santri. (3) Di dalam pelaksanaan kegiatan, tentunya terdapat kendala-kendala, antara lain: kurangnya kesadaran santri dalam mengikuti kegiatan, kemudian pada waktu kegiatan biasanya terdapat pengajar yang berhalangan hadir, dan banyaknya santri yang sering mengulang kesalahan-kesalahan yang sama, walaupun sudah diberikan teguran dan hukuman.

Kata Kunci: Pembinaan Akhlakul Karimah, Santri, Pondok Pesantren

References

Al-Attas, S. M. A.-N. (1992). Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam (IV). Mizan.

Anshari, E. S. (1987). Ilmu, Filsafat dan Agama. Bina Ilmu.

Anwar, S., & Rosyad, R. (2021). Pemikiran dan Aplikasi Teologi Lingkungan di Pesantren Cicalengka Kabupaten Bandung. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(2). https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.11793

British Library. (2015). Albert Mehrabian: nonverbal communication thinker. Business and Management.

Bukley, L. A. (1980). Paradigm for Psycho_pathology. A Contribution to Case History Analysis. Lippencott Company.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group.

DeVito, J. a. (2008). The Interpersonal Communication Book. PsycCRITIQUES, 32.

Hartono, R. (2016). Pola Komunikasi di Pesantren : Studi tentang Model Komunikasi antara Kiai, Ustadz, dan Santri di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.22515/balagh.v1i1.60

Kuntowijoyo. (2007). Islam Sebagai Ilmu. Tiara Wacana.

Kuswarno, E. (2013). Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Widya Padjajaran.

Langgalung, H. (1986). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Pustaka al-Husna.

Maksum. (1999). Madrasah Sejarah dan Perkembangan. Logos Wacana.

Mead, G. H. (1934). Mind, Self, and Society. Chicago Press.

Muslimin, K., & Umam, K. (2019). Komunikasi Interpersonal Antara Kiai Dan Santri Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah di Pondok Pesantren Al- Mustaqim Bugel. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(1). https://doi.org/10.34001/an.v11i1.934

Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71.

Rakhmat, J. (2014). Metodologi Penelitian Komunikasi. Remaja Rosda Karya.

Rogers, C. (1951). Client-Centered Therapy: Its Current Practice, Implications and Theory. Constable.

Sari, S. R., & Dewi, S. (2019). The correlation between effective interpersonal communication and students’ academic achievement. Journal of Education and Learning, 13(2).

Syaodih, S. dan N. (2007). Metode Penelitian Pendidikanm. Rosdakarya.

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1).

Yusof, N. M., Rahman, S. S. A., & Yusoff, R. M. (2020). The influence of interpersonal communication on student engagement in higher education. Journal of Education and E-Learning Research, 7(2).

Published

2022-12-27