Analisis Bibliometrik Tentang Tren Studi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berdasarkan Data Scopus

Authors

  • Eliva Sukma Cipta Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Kokom Komalasari Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Budi Rohdiyana Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Dede Nurlaela Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Nur Badiyah Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tren arah penelitian yang berkembang di bidang pembelajaran matematika sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan analisis pencarian scopus dan perangkat lunak VOSviewer. Berdasarkan 55.051 dokumen (367 dokumen terpilih) yang dipilih dari jurnal terindeks Scopus, dilakukan co-authorship, co-citation, co-occurrence, cluster, dan content analysis. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa publikasi yang sangat penting pada pembelajaran matematika di sekolah dasar, yaitu pembelajaran matematika dan matematika dasar. Literatur tentang pembelajaran matematika di sekolah dasar telah mengeksplorasi beberapa tema hangat selama lima tahun terakhir, diantaranya: matematika dasar, pendidikan dasar, penalaran spasial, berpikir fungsional, kepemimpinan guru, kecemasan matematika, representasi, pemikiran aljabar, e-learning, covid 19, proses pembelajaran, geometri, robotik. Studi bibliometrik yang dilakukan memberikan gambaran menyeluruh dan lengkap tentang penelitian pembelajaran matematika di sekolah dasar yang mungkin berharga bagi para peneliti yang tertarik untuk pengembangan penelitian pembelajaran matematika sekolah dasar di masa depan. Sehingga peneliti menyarankan untuk mengeksplorasi topik penelitian yang sedang trend ini.

 

 

Published

2024-06-25

Issue

Section

Artikel

Citation Check