Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Ar-Raudhah
DOI:
https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i1.3229Keywords:
Metode Talking Stick, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III MI Ar-Raudhah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah yaitu : 1) Pelaksanaan metode talking stick 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ar-Raudhah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTagart yang terdiri dari aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan guru wali kelas III, tes dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian 1) Pelaksanaan metode dapat dilihat dari rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 86,25% dan siklus II sebesar 96,25%. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77,63% dan siklus II sebesar 96,05%. Berdasarkan hasil penelitian 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil perhitungan N gain pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata N gain sebesar 0,41 dengan katagori “Sedang”. N gain pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 0,76 dengan katagori “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Talking Stick meningkat hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Ar-Raudhah.
References
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–468.
Kusiah, Y. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode kompetisi dan aktifitas (KOMPAK). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286
Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Mashadi, M. (2019). Peningkatan perhatian dan hasil belajar PKn materi budi pekerti melalui metode pembelajaran talking stick (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas I semester 2 SDN Ngiyono tahun pelajaran 2015/2016). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 109–115. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i3.46466
Nana. (2022). Inovasi pembelajaran fisika (Edisi Revisi). Penerbit Lakeisha.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rusadi, H., Syar, N. I., & Qodir, A. (2021). Perbandingan hasil belajar siswa antara model kooperatif NHT dengan model konvensional pada mata pelajaran PAI. Pedagogika, 12(2), 161–175. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.785
Suherman, U., Supiana, S., Mulyasana, D., & Nursobah, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Madrasah, Supervisi Klinis, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Motivasi dan Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2752
Sukatin, E. R. Z. (2020). Pendidikan anak dalam Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 185–205. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7345
Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan karakter tanggung jawab melalui buku ajar tematik integratif berbasis karakter. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 9–19.
Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354
Wahdah, N., & Wulandari, A. (2017). Pengaruh perbedaan latar belakang pendidikan terhadap penggunaan strategi belajar Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 428–436
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
Shibyan Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.