Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Ar-Raudhah

Authors

  • Aulia Azizah IAIN PALANGKA RAYA, Indonesia
  • M. Syabrina PGMI IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Sulistyowati Sulistyowati PGMI IAIN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i1.3229

Keywords:

Metode Talking Stick, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III MI Ar-Raudhah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah yaitu : 1) Pelaksanaan metode talking stick 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ar-Raudhah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTagart yang terdiri dari aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan guru wali kelas III, tes dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian 1) Pelaksanaan metode  dapat dilihat dari rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 86,25% dan siklus II sebesar 96,25%. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77,63% dan siklus II sebesar 96,05%. Berdasarkan hasil penelitian 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil perhitungan N gain pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata N gain sebesar 0,41 dengan katagori “Sedang”. N gain pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 0,76 dengan katagori “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Talking Stick meningkat hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Ar-Raudhah.

References

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–468.

Kusiah, Y. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode kompetisi dan aktifitas (KOMPAK). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286

Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Mashadi, M. (2019). Peningkatan perhatian dan hasil belajar PKn materi budi pekerti melalui metode pembelajaran talking stick (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas I semester 2 SDN Ngiyono tahun pelajaran 2015/2016). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 109–115. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i3.46466

Nana. (2022). Inovasi pembelajaran fisika (Edisi Revisi). Penerbit Lakeisha.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rusadi, H., Syar, N. I., & Qodir, A. (2021). Perbandingan hasil belajar siswa antara model kooperatif NHT dengan model konvensional pada mata pelajaran PAI. Pedagogika, 12(2), 161–175. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.785

Suherman, U., Supiana, S., Mulyasana, D., & Nursobah, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Madrasah, Supervisi Klinis, dan Komunikasi Interpersonal terhadap Motivasi dan Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Garut. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2752

Sukatin, E. R. Z. (2020). Pendidikan anak dalam Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 185–205. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7345

Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan karakter tanggung jawab melalui buku ajar tematik integratif berbasis karakter. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 9–19.

Ulfah, U., & Anwar, S. (2024). Inovasi Digital dalam Pendidikan Islam: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Keterlibatan Mahasiswa. ULUL ALBAB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 58–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ululalbab.v2i1.3354

Wahdah, N., & Wulandari, A. (2017). Pengaruh perbedaan latar belakang pendidikan terhadap penggunaan strategi belajar Bahasa Arab di IAIN Palangka Raya. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 428–436

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Artikel

Citation Check