Reformasi Paradigma Pendidikan: Menuju Pendidikan Merata dan Bermutu

Authors

  • Ifah Khadijah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Aan Puspita SDN 131 Cijawura, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2755

Keywords:

Paradigma Pendidikan, Pendidikan Merata, Pendidikan Bermutu

Abstract

Reformasi paradigma pendidikan menuju pendidikan yang merata dan bermutu merupakan langkah penting untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan (Library Research) yang berasal dari buku, jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur dan publikasi-publikasi lain yang layak dijadikan sumber untuk penelitian. Hasil penelitian ini yaitu dalam reformasi ini meliputi inklusivitas dan aksesibilitas, peningkatan kualitas pembelajaran, pendidikan berbasis kompetensi, penyediaan sumber daya dan peningkatan kapasitas, serta keterlibatan komunitas dan pemangku kepentingan. Dengan menerapkan reformasi paradigma pendidikan ini, diharapkan bahwa pendidikan dapat menjadi lebih merata dengan adanya akses yang setara bagi semua individu, tanpa diskriminasi.

References

Afiat, Z. (2019). Homeschooling; Pendidikan Alternatif Di Indonesia. Visipena, 10(1), 50–65.

Ahmadi, A. (1992). Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Amirudin, M. F. (2019). Hubungan pendidikan dan daya saing bangsa. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35–48.

Asnawi, R., Kindangen, P., & Engka, D. S. M. (2021). Pengaruh Pendidikan, Program Keluarga Harapan Dan Program Rumah Tinggal Layak Huni Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(2), 109–126.

Bungin, B. (2002). Konstruksi Sosial Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media massa, Iklan televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L Berger &Thomas Luckman. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui lembaga sosial dan pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 1–11.

Mukhadis, A. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul Dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1434

Pattiasina, P. J., Aswita, D., Fuadi, T. M., Noviyanti, A., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2446–2454.

Rahmat, S. T. (2018). Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2), 7–12.

Rakhmat, J. (2014). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Setiawan, E., & Apsari, N. C. (2019). Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan dan Non Diskriminatif di Bidang Pendidikan bagi Anak Dengan Disabilitas (AdD). Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(3).

Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo, S. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berbasis Potensi Lokal Dalam Membangun Desa Wisata Adat, 2(2), 97–103.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syakhrani, A. W. (2019). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. CBJIS : Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2). https://doi.org/10.37567/siln.v1i2.90

Tilaar, H. A. R. (1998). Beberapa agenda reformasi pendidikan nasional dalam perspektif abad 21. IndonesiaTera.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.

Yusuf, T. M. M. (2012). Anomali Reformasi Penyelenggaraan Pembelajaran Di Indonesia. Lentera Pendidikan, 15(1), 85–91.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115.

Downloads

Published

2023-06-17