Meningkatkan Keunggulan Lembaga Pendidikan Islam Melalui Pengelolaan Manajemen Kurikulum

Authors

  • Dwi Rahmawati Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Shifa Lestari Prodi PGMI Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Najwa Syifa Alawiyah

DOI:

https://doi.org/10.30999/shibyan.v1i1.2753

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Program Pembelajaran.

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan akan menjadi unggul apabila dapat menerapkan arah pendidikannya. Untuk itu diperlukan faktor pendukung, seperti kurikulum yang selaras dengan arah pendidikannya. Kurikulum merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga dalam pelaksanaannya perlu dikelola dengan sistem manajemen. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, manfaat, prinsip, serta tahapan manajemen kurikulum dan program pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kajian pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai manajemen kurikulum dan program pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari berbagai buku, literatur, dokumen, jurnal maupun artikel yang relevan dengan kajian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Manajemen kurikulum merupakan proses mengelola kurikulum yang telah dirumuskan menggunakan metode agar tujuan kurikulum dapat tercapai. Tujuan dan manfaat manajemen kurikulum adalah untuk membantu menyukseskan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya manajemen kurikulum memiliki prinsip produktivitas, demokratisasi, kooperatif, efektivitas dan efisiensi, serta mengarahkan visi, misi dan tujuan yang di tetapkan dalam kurikulum. Tahapan manajemen kurikulum, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Manajemen kurikulum merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan, kurikulum yang sesuai dengan arah pendidikan akan menghasilkan lulusan yang unggul. Oleh karena itu, pengelolaan kurikulum menjadi tanggung jawab perencana, pengembang, pelaksana dan pengawas pendidikan untuk memastikan bahwa pembelajaran berlangsung dengan baik dan mengarah pada pencapaian tujuan yang diinginkan, yang tercermin dalam perubahan perilaku siswa.

References

Adyanto, P. (2017). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Anwar, S., & Umam, H. (2020). Transformative Education: Emphasizing 21st Century Skills and Competencies in The Independent Learning Curriculum. AIM: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–16.

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., … Sambanis, N. (2015). Implementasi Kurikulum Terpadu Di Sekolah Dasar Islami Terpadu Qardhan Hasana Banjarbaru. Syria Studies, 7(1).

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2).

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum.

Marginson, S., & Van der Wende, M. (2007). To rank or to be ranked: The impact of global rankings in higher education. Journal of studies in international education, 11(3–4), 306–329.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.

Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44.

Pramono, D. A. (2022). Program Pembentukan Kompetensi Bahasa Asing Dan Teknologi Informasi Siswa. International Conference on Research and Community Services (ICORcs), 1(1), 1–37.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.

Rohman, F. (2018). Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Nizhamiyah, 8(2).

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sulfemi, W. B. (2020). Pengelolaan Manajemen Sekolah yang Efektif dan Unggul. Artikel, 02(09).

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI.

Yamin, Mohammad. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Yamin, Muhammad, & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).

Downloads

Published

2023-06-17