Workshop Citizen Journalism sebagai Penguatan Potensi Ekonomi di Kalangan Karang Taruna Desa Hadiluwih, Sragen

Authors

  • Monika Sri Yuliarti Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Andre N. Rahmanto
  • Albert Muhammad Isrun Naini
  • Anjang Priliantini
  • Mahfud Anshori
  • Christina Tri Hendriyani

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.958

Keywords:

media sosial, citizen journalism, potensi ekonomi daerah, karang taruna, Sragen

Abstract

Perubahan industri media mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Media baru kini menjadi salah satu alternatif saluran penyebaran pesan yang tidak hanya bisa dilakukan oleh perusahaan media saja, tetapi juga oleh individu. Lebih lanjut, secara global maupun nasional, terjadi pertumbuhan cukup pesat dalam hal pengguna internet serta media sosial. Ini merupakan sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah. Di beberapa wilayah di Indonesia, masih cukup banyak beberapa wilayah, secara spesifik desa, yang belum mengoptimalkan media baru untuk mendukung peningkatan potensi ekonomi, salah satunya adalah Desa Hadiluwih di kecamatan Sumberlawang, kabupaten Sragen. Berdasarkan kondisi tersebut, maka tim pengabdian kepada masyarakat dari Research Group Komunikasi Strategik dari Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memillih desa Hadiluwih sebagai lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan target sasaran anggota karang taruna desa tersebut. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah workshop tentang citizen journalism yang dikaitkan dengan peningkatan potensi ekonomi desa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian materi berupa informasi dan pengetahuan terkait media sosial, potensi ekonomi daerah dan teknik citizen journalism. Pemberian materi dilakukan dengan memberikan ceramah dan tanya jawab. Selain itu, metode lain yang digunakan adalah diskusi dan pendampingan, utamanya yang berkaitan dengan teknis kegiatan memetakan potensi ekonomi daerah dan penulisan konten. Secara umum, kegiatan workshop berjalan dengan lancar, di mana para peserta workshop sudah mampu memetakan potensi ekonomi daerah mereka dan memproduksi konten yang dipublikasikan melalui media sosial Instagram.

Author Biography

Monika Sri Yuliarti, Universitas Sebelas Maret

Department of Communication Science, Lecturer

References

Basrudin, Ratman, & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 214-227.

Bowman, S., & Willis, C. (2003). We Media: How audiences are shaping the future of news and information. Stanford: The Media Center at The American Press Institute.

Green, L. (2010). The internet : an introduction to new media. Oxford: Berg Publisher.

Hill, D. T., & Sen, K. (2005). The Internet in Indonesia’s New Democracy. New York: Routledge.

Husna, N., Noor, I., & Rozikin, M. (2013). Analisis Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal untuk Menguatkan Daya Saing Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(1), 188-196.

Iman, M. (2020, Juni 14). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Retrieved September 15, 2020, from goodnewsfromindonesia.id: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial

Kemp, S. (2020a, January 30). Special Reports: Digital 2020: 3.8 Billion People Use Social Media. Retrieved September 15, 2020, from wearesocial.com: https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media

Kemp, S. (2020b, July 21). Special Reports: Digital Use Around The World in July 2020. Retrieved September 15, 2020, from wearesocial.com: https://wearesocial.com/blog/2020/07/digital-use-around-the-world-in-july-2020

Lim, M. (2005). @rchipelago online: The Internet and Political Activism in Indonesia. Enschede: University of Twente.

Masduki, D., Widianingsih, Y., & Simanihuruk, H. (2020). PKM Pendampingan dan Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Melalui Aplikasi Pinterest. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 37-45.

Nugroho, Y., Putri, D. A., & Laksmi, S. (2012). Memetakan Lanskap Industri Media Kontemporer di Indonesia (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: Centre for Innovation Policy and Governance.

Wulandari, E. (2013). Penggunaan Media Komunikasi Visual Sebagai Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Etnografi FSSRD UNS, 1-11.

Yolamalinda. (2014). Analisis Potensi Daerah dalam Pengembangan Komoditi Unggulan Kabupaten Agam. Journal of Economic and Economic Education, 3(1), 27-41.

Published

2020-12-19

Citation Check