Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Rajutan Terdampak Covid 19 di Kampoeng Rajoet Kota Bandung

Authors

  • Dindin Abdulrochim Pasundan University, Indonesia
  • Yanti Susila Tresnawati Pasundan University, Indonesia
  • Trias Pyrenia Iskandar Pasundan University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.920

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Daya Saing

Abstract

Covid-19 berdampak negatif terhadap keberaadaan usaha mitra yang bergerak dalam usaha Rajutan, merupakan produk Unggulan Kota bandung yang  berada di wilayah Kampoeng Radjoet, Produk Mitra memiliki potensi untuk bersaing dengan produk sejenis baik dalam negeri maupun produk dari luar negeri. Akan tetapi masih dihadapkan pada Permasalahan yaitu belum Memahami, Memanfaatkan Dan Menerapkan  Teknologi Informasi Pemasaran (Informasi melalui E-Commerce Web & Apps dan Digital Marketing Content. Solusi yang ditawarkan : 1) Peningkatan Pemahaman Teknologi Informasi Pemasaran (Informasi melalui E-Commerce Web & Apps dan digital marketing content. 2) Peningkatan kapasitas Teknologi Informasi berupa Laptop, dan Kamera sebagai sarana  E-Commerce Web & Apps dan Digital Marketing Content. Dan Merancang E-Commerce Web & Apps.  3) Peningkatan Pemahaman dan Produksi Digital Content di E-Commerce Web & Apps . 4) Peningkatan Pemahaman dan Pembuatan akun Official store di Marketplace, dan  Peningkatan Pemahaman dan Pembuatan akun Official store di Video Streaming Platform (Youtube Channel). 5) Sinkronisasi keseluruhan akun dari mulai Web & Mobile Apps sampe official store di semua platform digital (Facebook Pages,Instagram, Shopee, Youtube) dan Mitra Memanfaatkanya. Metode Kegiatan dengan menggunakan pendekatan : Pelatihan, Bimbingan teknis, Pendampingan, dan Fasilitasi. Dalam skema ini, Tim pengusul sebagai pelaksana kegiatan, yang memiliki tugas dalam menyelesaikan permasalahan dan mencapai solusi dan target luaran yang telah ditetapkan sesuai dengan kepakarannya serta melibatkan mahasiswa sebagai tim teknis. Hasil dan luaran yang telah dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ; 1) Berubahnya Digital Maidset mitra, dan mampu memahami dari kemanfatan Teknologi Informasi (Digital marketing/ Distribusi) 2) Mitra Memiliki Fasilitas Teknologi Laptop 1 Unit (Asus TUF FX505DU), Kamera Sony Alpha 6300 KIT  beserta kelengkapanya  dan memiliki sarana teknologi informasi Web & Apps 3) Meningkatnya Pemahaman Mitra, dan Penerapan: Produksi Digital Content, Distribusi Digital Content di E-Commerce Web & Mobile, Memiliki akun Official store di Sosial Media,. 4) Mitra memahami dan memiliki akun Official store di Marketplace, akun Official store di Video Streaming Platform (Youtube Channel). 5) Sinkronisasi keseluruhan akun dari mulai Web & Mobile Apps sampe official store di semua platform digital (Facebook Pages, Instagram, Marketplace, Youtube,  dan Mitra Memanfaatkanya.

Author Biography

Dindin Abdulrochim, Pasundan University

Pasundan University faculty of political and social science major management business

References

Abdurohim, Dindin, 2020. Pengembangan Kapasitas Kewirausahaan dan Desiminasi Teknologi Pada Kelompok Usaha Kecil di Kertasari Kabupaten Bandung.

Abdurohim, Dindin, 2020. Pengembangan Daya Saing Usaha Kecil Unggulan Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Uninus.

Abdurohim, Dindin, 2019. Conference Proceeding Of One Asia Community.

Abdurohim, Dindin, 2017. Disertasi : Pengembangan Usaha Kecil Studi Kasus pada Usaha kecil Konfeksi di Kota Bandung.

Abdurohim, Dindin, 2008, Strategi Pengembangan Produk Unggulan berbasis One Vilage One Produk (OVOP) di Sentra Industri Kota Bandung, Penelitian kerjasama Unpas dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung.

Berry, A. E. Rodriques, dan H. Sandeem, 2001.Small and Medium Enterprises Dynamics in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economics Studies 37(3):363-384.

Darmawansyah.2003.Pengembangan Komo -diti Unggulan Sebagai Basis Ekonomi Daerah. Tesis S-2 Program Pasca Sarjana IPB. Bogor.

Hafsah, Mohammad Jafar. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah. Infokop No. 25 Tahun XX. http://jurnal. smecda. com / index.php/infokop/article/view/60/57.

Sudarsono, 2001. Konsep Ekonomi: Uang dan Bank. Rineka Cipta: Jakarta.

Yanti Susila, 2014, Pengembangan Kom-petensi Pemasaran Produk Rajut Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada UKM Rajut Binong Jati Di Kota Bandung. Penelitian Hibah DRPM Kemenristek Dikti.

Yanti Susila Tresnawati, Rudi Martiawan, Dindin Abdurohim, 2018. Pengemban -gan Kapasitas Usaha Kecil Syal Kota Bandung.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,Vol 8,No 2 (2018), http://103.66.199.204/index.php/JPKM/article/view/278.

Yanti Susila & Dindin Abdurohim, 2018. SME’s development indicators and organizational capability, Article in Human Systems Management37(2):249-253.

Berbagai Sumber Website /Seputar UMKM Kota Bandung/ yang di Olah, 2015 – 20197. Searching, Maret-Mei 2019.

Dinas Koperasi UKM dan Industri Perda - gangan Kota Bandung, 2018

DRPM. Kemenristek Dikti RI, 2018, Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi XII. 2018.

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/

Ina Primiana dkk (http://repository. unpad. ac. id/23330/1/abstrak-laporan-penelitian-Pemetaan-Kegiatan-Ekonomi-Kota-Bandungpdf)

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2014. Tentang Pedoman Pengembangan Produk Unggulan Daerah.

RPJMD Kota Bandung 2014-2018.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan, 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Surat Keputusan Walikota BandungNomor 530/Kep.295-DISKUMK.PERINDAG/2009, dan Ke 3) Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan Setempat, Reg.No187/KT/SKU/BNG/VIII/2018.

Surat Keputusan Menteri Keuangan (Menkeu) No.316/KMK.016/1994. SK tersebut mewajibkan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyisihkan 1-5% laba perusahaan bagi Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK).

Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan Setempat, Reg.No.187/KT/SKU/BNG/ VIII/2018.

Undang – Undang, 2008. Undang – Undang Rebuplik Indonesia No. 20 tahun 2008 Tanggal juli 2008 tentang Usaha Mikro, kecil, dan Menengah.

Urban, Glen (2004) Digital Marketing Strategy.Pearson Education, Upper Saddle River, New Jersey. USA

Published

2020-12-16

Citation Check

Most read articles by the same author(s)