Pendampingan Pengenalan Data Warehouse Pada Kunjungan Tamu di Kebun Eka Karya Bedugul-Bali

Authors

  • Nyoman Purnama STMIK PRIMAKARA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i1.886

Keywords:

Kunjungan, Kebun raya Eka karya, Dashboard, data warehouse, Bedugul

Abstract

Bedugul merupakan daerah wisata yang terdiri dari danau dan gunung di Bali, Indonesia, dan terletak di bagian tengah pulau Bali antara Denpasar dan Singaraja. Di daerah bedugul terdapat 3 danau dan tempat wisata utama yakni Kebun raya Eka Karya. Kebun Raya Eka Karya Bedugul dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara, Kebun Raya Eka Karya Bali ini adalah sebuah kebun botani atau taman botani tropis yang luas dan besar. Data kunjungan wisatawan  yang masuk ke kebun raya ini berubah ubah setiap tahunnya. Kunjungan yang masuk ke Kebun Raya Eka Karya Bedugul tersebut dicatat setiap harinya berdasarkan beberapa kriteria. Diantaranya yakni jumlah kunjungan mobil keliling, orang yang masuk dan parkir mobil. Data dari pengunjung selama ini masih dibuat dalam bentuk manual berupa file spreadsheet. Dengan semakin berkembangnya jumlah pengunjung setiap tahunnya, penyimpanan model ini tidak praktis. Oleh karena itu perlu dikembangkann aplikasi data warehouse, yang dapat memantau kunjungan wisatawan yang datang ke kebun raya Eka Karya Bedugul pada periode yang diinginkan.  Agar penggunaan sistem ini berjalan dengan baik, maka diperlukan pendampingan dan pelatihan dalam penggunaannya. Pendampingan sudah dilakukan pada pihak manajemen di Kebun Eka Karya Bedugul.


Author Biography

Nyoman Purnama, STMIK PRIMAKARA

Sistem informasi

References

Andri, and Baibul Tujini. 2015. “Analisis Dan Perancangan Data Warehouse Perpustakaan (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Binadarma Palembang).” Seminar Nasional Informatika 2015(November): 28–34.

Fadilah, Umi, Wing Wahyu Winarno, and Armadyah Amborowati. 2016. “Perancangan Data Warehouse Untuk Sistem Akademik STMIK Kadiri Data Warehouse System Design for Academic STMIK Kadiri.” Sisfotenika 6(2): 217–28.

Hakim, Dimara Kusuma, and Dimara Kusuma Hakim. 2011. “Implementasi Online Analytical Processing (OLAP) Pada Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen Perijinan Menggunakan Alat Bantu Microsoft Business Intelligence Development Studio.” Techno 12(1): 13–18.

Iskandar, Dede. 2017. “Perancangan Data Warehouse Penduduk Untuk Executive Information System Dengan Online Analytical Processing Di Kabupaten Bogor.” 2017: 53–56.

LIPI. 2012. “Di Kebun Raya Bali.” : 82191. http://www.kebunrayabali.com (January 17, 2019).

Parsiyono, Kusrini, and Andi Sunyoto. 2015. “Perancangan Data Warehouse Akademik Di Sekolah Tinggi Agama Buddha Semarang.” Jurnal Informasi Politeknik Indonesia Surakarta Vol 1(No 2): Hal 44-51.

Supriyatna, Adi. 2012. “Perancangan Data Warehouse Pada Perpustakaan.” 2012(Snati): 15–16.

Published

2020-06-05

Issue

Section

Article

Citation Check