Pemanfaatan Sistem Informasi Kematian Warga Berbasis Website di Kelurahan Beji Kabupaten Semarang

Febrian Wahyu Christanto, Sri Handayani, Victor Gayuh Utomo

Abstract


Kebutuhan akan kecepatan pengolahan data dan informasi sekarang ini menjadi hal yang viral dan sangat penting untuk mendukung pekerjaan manusia di segala bidang. Banyak sekali bidang pekerjaan sekarang ini sudah mulai meninggalkan pekerjaan yang dilakukan secara manual oleh manusia dan beralih ke sistem komputerisasi untuk mendapatkan hasil keluaran yang lebih baik. Sistem Informasi berbasis website saat ini merupakan solusi yang tepat untuk dimanfaatkan sebagai sarana pengelolaan informasi dan keuangan karena meningkatkan transparansi informasi yang tersedia. Sistem Informasi berbasis website akan digunakan oleh pengurus Pawarti PSB (Paguyuban Warga Kematian Puri Sela Buana) untuk mengelola informasi dan iuaran kematian warga di 3 (tiga) RW yaitu wilayah RW XII (Perumahan Niti Buana), RW XIII (Perumahan Selomerto), dan RW XIV (Perumahan Puri Babadan Asri). Pemanfaatan sistem informasi dalam pengelolaan informasi dan iuaran kematian oleh pengurus Pawarti PSB memerlukan pelatihan untuk peningkatan kemampuan pengguna sistem informasi yang akan diakomodasi dengan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini melalui metode praktikum yang terlaksana pada 25-26 Juli 2019. Hasilnya pemahaman serta kemahiran menggunakan sistem informasi kematian warga ini meningkat sebesar 32% untuk pengurus dan 25% untuk warga sehingga sistem informasi dapat disimpulkan dapat membantu Pawarti PSB. Diharapkan dari kegiatan ini, sistem informasi berbasis website ini dapat digunakan dengan baik oleh pengurus Pawarti PSB untuk meningkatkan pengolahan informasi dan transparasi data keuangan kematian warga.


Keywords


Sistem Informasi Berbasis Website; Pawarti PSB; Iuran Kematian

References


Keagamaan, P. K., Ahmad, H. A., & Permai, K. (2015). Rukun Kematian : Kearifan Lokal dan Modal Sosial bagi Kerukunan Umat Beragama di Kota Bandar Lampung, 14(1), 53–66.

Kesehatan, K. (2011). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

PUPR, K. (2011). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jpkm.v9i1.600

Copyright (c) 2019 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT



Indeksasi:

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nusantara Bandung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

View My Stats