Pembinaan Aspek Produktivitas, Desain, dan Pemasaran pada UKM Kerajinan Gift Box

Authors

  • Hery Budiyanto Universitas Merdeka Malang, Indonesia
  • Erna Winansih Universitas Merdeka Malang, Jl. Terusan Raya Dieng 62-64 Malang, Indonesia
  • Harril Brimantyo Universitas Merdeka Malang, Jl. Terusan Raya Dieng 62-64 Malang, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Universitas Merdeka Malang, Jl. Terusan Raya Dieng 62-64 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i1.598

Keywords:

UKM, gift box, produksi, desain, Pemasaran

Abstract

Persaingan ekonomi global menjadi tantangan untuk UKM produk kreatif bidang kerajinan. Permasalahan yang sering dihadapi adalah kapasitas produksi yang minim bila dibandingkan dengan permintaan konsumen terutama terkait dengan peralatan produksi dan desain produk. Masalah lain adalah media pemasaran yang kurang akan mempengaruhi minat konsumen untuk mendapatkan produk UKM produk kreatif bidang kerajinan. Untuk itu perlu adanya pengembangan produk kreatif UKM yang mempunyai nilai ekonomi dan daya saing tinggi serta mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Usaha skala Kecil dan Menengah punya potensi untuk dikembangkan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan budaya lokal, sehingga menjadi kekuatan ekonomi masyarakat setempat.  Salah satu UKM Industri kreatif bidang kerajinan yang berkembang di Kota Malang adalah UKM yang memproduksi Gift Box yang dipilih sebagai mitra dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan fokus pembinaan pada aspek produksi, desain dan pemasaran. Pendampingan mitra UKM pada aspek telah meningkatkan produktivitas melalui pembuatan alat plong karton/kertas dengan tenaga dongkrak yang meningkatkan produksi hingga 2 kali lipat dibanding proses pemotongan manual, selain itu diversifikasi produk dilakukan dengan pembuatan 10 produk baru. Pengembangan pemasaran dilakukan dengan penyempurnakan sarana promosi berupa 1 buah katalog produk dan 1000 lembar brosur sehingga UKM ini bisa mempersiapkan diri ketika melakukan pameran baik lokal maupun nasional.  

Kata kunci: UKM, gift box, produksi, desain, pemasaran

Author Biography

Hery Budiyanto, Universitas Merdeka Malang

Dosen Prodi Arsitektur Universitas Merdeka Malang

References

Budiyanto, Hery, at.al 2017. “Ipteks Bagi Kewirausahaan di Universitas Merdeka Malang. Laporan Akhir. Malang: Universitas Merdeka Malang.

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Diterjemahkan oleh: Bob Sabran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip and Kevin Lane Keller (2012). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall Published.

Kurniawati, Fitri & Mukzam, Mochamad Djudi. 2017. “Pelaksanaan dan Dampak Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Studi Kasus pada Kampung Lawas Maspati Surabaya)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Universitas Brawijaya, Vol. 50 No. 2 September 2017.

Sasono, Eko dan Rahmi Y. 2014. “Manajemen Inovasi pada Usaha Kecil Menengah”. Jurnal STIE Semarang, Vol 6, No 3, Edisi Oktober 2014 (ISSN : 2252 – 7826), Hal. 74-90

Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta:CV. Andi Offset

Published

2019-07-28

Issue

Section

Article

Citation Check