Pendampingan Penguatan Materi Matematika Menjelang UNBK SMK

Zukhrufurrohmah Zukhrufurrohmah, Octavina Rizky Utami Putri

Abstract


Kemampuan bidang kejuruan merupakan hal yang diunggulkan ada pada siswa SMK. Namun, bidang akademik menjadi aspek yang sangat perlu diperhatikan oleh siswa SMK saat ini. Siswa cenderung tidak mementingkan dan kurang persiapan dalam menghadapi tes bidang akademik khususnya Matematika. Padahal bidang akademik juga memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan bernalar, kreatif, dan karakter siswa. Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penguatan materi matematika UNBK tahun ajaran 2018/2019 pada siswa SMK. Pendampingan ini meliputi kegiatan (1) persiapan, (2) bimbingan materi matematika, (3) try out, dan (4) evaluasi. Tim pengabdian masyarakat bersama guru menganalisis kisi-kisi UNBK dan soal UN 3 tahun terakhir, serta menyusun worksheet untuk memudahkan pelaksanaan bimbingan. Bimbingan pemantapan materi dilasanakan dengan pengerjaan soal-soal pada worksheet dan dilanjutkan dengan pembahasan penyelesaian. Try out dilakukan untuk mengevaluasi bimbingan penguatan materi. Hasil evaluasi UNBK lebih baik dibandingkan hasil try out. Kegiatan evaluasi ini dilanjutkan dengan mengembangkan worksheet menjadi modul yang dapat digunakan untuk persiapan UNBK tahun ajaran 2019/2020

Keywords


pendampingan, matematika, UNBK, SMK

References


Damarjati, T., 2016. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. [Online]

Available at: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan

[Accessed 5 July 2019].

Dapodikbud, R., 2019. SMK Muhammadiyah 1 Malang. [Online]

Available at: http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

[Accessed 16 Juli 2019].

Effendi, M. M., 2017. Reposisi Pembelajaran Matematika di SMK. Malang, Seminar Nasional Matematika Universitas Muhammaditah Malang.

Indonesia, R., 2013. Peraturan Pemerintah republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Sekretariat Negara.

Kebudayaan, K. P. d., 2019. Data POkok Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online]

Available at: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/progres-smk/2/056100

[Accessed 16 Juli 2019].

Kejuruan, D. P. S. M., 2016. Grand Design Pengembangan Teching Factory dan Technopark di SMK. 1st ed. Jakarta: Direktorat jendaral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

PH., S., 2011. Peran Pendidikan Vokasi dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala Pendidikan, XXX(2), pp. 189-203.

Triyono, M. B., 2017. Tantangan Revolusi Industri Ke 4 (i4.0) bagi Pendidikan Vokasi. Denpasar-Bali, Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK).




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.563

Copyright (c) 2020 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT



Indeksasi:

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nusantara Bandung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

View My Stats