Pelaksanaan Lapak Baca di Desa Tarung Manuah dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa SDN-1 Tarung Manuah

Authors

  • Usup Kurniawan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Sarifatul Istiqamah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Septiani Ade Anggreiningrum Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Muhammad Ali Mahfudz Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Nor Alvanajati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Yulia Astuti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Nur Pita Sari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Aulia Mustika Ilmiani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Saidatul Awaliyah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Lailatul Musyarofah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Wendy Rahmadani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Lailatul Musyarofah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Nor Alvanajati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Nor Alvanajati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Nur Pita Sari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Nur Pita Sari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Aulia Mustika Ilmiani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia
  • Aulia Mustika Ilmiani Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Jl. G. Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i3.2986

Abstract

SDN-1 Tarung Manuah merupakan pendidikan formal yang ada di Desa Tarung Manuah yang memiliki beberapa siswa yang masih belum bisa membaca secara lancar dan ruang perpustakaan yang tidak memadai.  Sehingga fokus penelitian ini adalah pada peningkatan minat baca pada anak usia Sekolah Dasar di Desa Tarung Manuah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan semangat belajar anak-anak Sekolah Dasar Desa Tarung Manuah.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Strategi pelaksanaan kegiatan ini terdapat 4 tahapan yaitu pertama Pra-Kegiatan, yaitu melakukan kordinasi di lokasi pengabdian, kedua Tahap Persiapan, yaitu mempersiapkan bahan kegiatan, ketiga Tahap Pelaksanaan, yaitu melaksanakan kegiatan lapak  baca, keempat Tahap Refleksi, yaitu refeksi/evaluasi dan memberikan rekomendasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil dari kegiatan lapak baca di Desa Tarung Manauh yaitu dapat meningkatkan minat baca anak-anak SDN-1 Tarung Manuah dengan dibuktikannya antusias peserta yaitu 97% sangat setuju dapat membangun semangat membaca dan 3% setuju dapat membangun semangat membaca. Serta akan membiasakan diri untuk membaca setelah kegiatan lapak baca ini yaitu, 80,6% sangat setuju dan 10,4% setuju.

References

Abidin, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Skripsi. Jakarta: Bumi Aksara. h. 160.

Anjani, Sri. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Jurnal Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol 3 No. 2 (2019): 5.

Faeni & Oktaviani. (2021). Oprimalisasi Prestasi Akademis Berbasis Hipotesis (Optimizing Academic Achievement Using Hypnosis-Based Approach). Vol 1 No. 5. (2021): 211-216.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif (Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif). Bandung: Alfabeta. h. 25.

Jannah, R.J & A.K Nisa. (2023). Peran Rumah Baca Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Genteng. Literatify: Trends in Library Developments Vol 4, No. 1 (2023): 13.

Nurhada & Setyaningtyas. (2022). Impelentasi Pembelajaran Ilmu Hadist di MAN 1 Boyolali saat Pandemi. JNM Vol 1 No. 2 (2022). 63-76.

Rusniasa, Ni Made. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Penatih Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Tesis. Uiversitas Pendidikan Ganesha. h. 2.

Widyanata, Fera. Dkk. (2022). Pengembangan Intelektualitas melalui Literasi Membaca bagi Karang Taruna Desa Kota Daro II Kabupaten Ogan Ilir(Intellectual Development through Reading Literacy of Kota Daro Youth Organization Ogan Ilir Regency). JPE Vol 1, No. 1. 43.

Wulanjani, Arum Nisma, & Anggraeni, Candradewi Wahyu. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Biology Education, 3(1). 4.

Published

2023-11-18

Issue

Section

Article

Citation Check