Pendampingan Perancangan Usaha Produk Unggulan Desa Cijambu Berbasis Digital Sebagai Nilai Tambah Desa Wisata Hijau

Authors

  • Rahmi Rismayani Deri Universitas Islam Nusantara, Jl Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Indonesia
  • Siti Nur Universitas Islam Nusantara, Jl Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Indonesia
  • Rafika Ratik S Universitas Islam Nusantara, Jl Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Indonesia
  • Adi Muad Wahidin Universitas Islam Nusantara, Jl Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Indonesia
  • Iis Wasiatul Fitria Universitas Islam Nusantara, Jl Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2969

Abstract

Desa Cijambu merupakan sebuah wilayah yang berada di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Hasil analisis permasalahan di Desa Cijambu  banyaknya hasil pertanian singkong yang belum dapat diolah secara maksimal, terdapat banyak warga miskin dan pengangguran yang perlu diberdayakan. Di Desa Cijambu juga terdapat banyak tempat wisata namun belum memiliki produk unggulan Desa yang dapat menjadi ciri khas oleh-oleh yang mana jika dikelola dapat memberikan pemasukan keuntungan untuk warga Desa Cijambu. Sehingga dengan potensi banyaknya wisatawan yang datang setiap minggunya, di Desa Cijambu perlu ada pemanfaatan sumber daya alam singkong yang melimpah yang dapat diolah menjadi produk unggulan desa tersebut. Dimana produk unggulan yang akan dikembangkan adalah hasil dari penelitian tim sebelumnya di desa tersebut. Penelitian cara pembuatan tepung mocaf dan desain kemasan yang cocok diminati oleh konsumen. Dimana tepung mocaf hasil penelitian yang berbahan dasar singkong ini yang merupakan salah satu sumber daya yang ada di desa tersebut merupakan tepung yang rendah gluten dan memiliki warna lebih putih dari warna tepung pada umumnya sehingga memiliki keunggulan produk dibanding dengan produk tepung pada umumnya. Sehingga dalam pengabdian pemberdayaan masyarakat ini. Warga akan dilatih bagaimana cara memproduksi tepung mocaf, manajemen usaha dari hulu ke hilir. Sebagai pemasaran digital tepung mocaf akan dibuat website khusus pemasaran tepung mocaf, yang mana kemudian warga akan diajarkan cara mengelolanya. Kemudian warga juga akan dilatih bagaimana melakukan pemasaran di marketplace pemasaran digital yang sudah ada yang banyak masyarakat umum sudah mengenalnya. Diharapkan pemberdayaan ini dapat menekan angka kemiskinan dan pengangguran Desa Cijambu, mewujudkan kemandirian ekonomi. Sehingga dapat menghasikan UMKM baru yang dapat menyokong perekonomian daerah dan negara Indonesia.

References

Aduski, Erlina. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Digital CRM Di PT Infomedia Nusantara 19(2): 153–69.


Ahmad, I. dan Makkulawu, A.R. 2022. Pengembangan Produk Olahan Jeruk Pamelo pada UKM dengan Metode AHP." : 381-387.


Bulog, 2021 , http://www.bulog.co.id/beraspangan/ketahanan-pangan/


Nugroho, I.S. dan Baskara, A. 2022. Perancangan Produk, Penentuan Kapasitas Produksi Dan Biaya Pada Produk Industri Kreatif Limbah Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) : 1-12.


Eka, J.N. 2018. Pengembangan Produk Keripik Pisang Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 1(1): 31–40.


Herawati, H. 2010. Potensi pengembangan produk pati tahan cerna sebagai pangan fungsional. Jurnal Litbang Pertanian, 30 (1): 2011.
Koswara. 2013. Teknologi Modifikasi Pati. EbookPangan.com.


Narto. 2020. Pengembangan Produk Kerupuk Ikan Bandeng Di Kabupaten Gresik Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd). KAIZEN?: Management Systems & Industrial Engineering Journal 2(2): 40.


Nahwan D, Rismayani R, Rafika D, Srimurni R, Satriyo I, Nur NS. Peningkatan PDB (Produk Domestik Bruto) melalui Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa (Studi Proyek Perencanaan Bisnis dalam Mengembangkan Produk Unggulan Desa Tepung Mocaf di Desa Cikahuripan).

Putra. Ramadhan, G. et., al. 2014. Perencanaan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Strategy Formulation Framework Guna Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus?: Koperasi Unit Desa ‘BATU’). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri 2(1): 207–18.


Rismayani Deri, Rahmi.,dkk. 2022. Pelatihan Manajemen Usaha Untuk Meningkatkan Pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 12 No1.


Subagio, A. 2006. Ubi kayu substitusi berbagai tepung-tepungan.Food Review, 1 (3): 18-22.


Maulana, R. Mohammad. et., al. 2022. “Strategi Pengembangan Produk Tahu Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Bandung Conference Series: Industrial Engineering Science 2(1): 100–110.


Setiadi. Pradana. et., al. 2014. “Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Pada CV. Minahasa Mantap Perkasa.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 14(2): 70–81.


Siti DN, Rafika N, Srimurni R, Satriyo I, Rahmi N, Deri R. 2023. "Peranan Dana Desa dalam Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Optimalisasi Dana Desa dalam Pengembangan Masyarakat dan Produk Desa Wisata Hijau Berbasis Digital). Jurnal Media Nusantara.

Published

2023-12-18

Citation Check