Restorasi Satua Bali Yang Beredar Di Lingkungan Bebalang Untuk Menambah Bahan Literasi Di SD Negeri 3 Bebalang, Bangli, Bali

Authors

  • Luh Made Ayu Wulan Dewi ITP Markandeya Bali, Indonesia
  • Putu Beny Pradnyana ITP Markandeya Bali, Kawan, Bangli , Indonesia
  • I Wayan Numertayasa ITP Markandeya Bali, Kawan, Bangli , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2958

Abstract

Abstrak

Restorasi satua Bali ini bertujuan untuk mengembalikan dan memperkenalkan kembali kebudayaan Satua Bali di SD Negeri 3 Bebalang hal yang dilakukan dalam restorasi satua bali ialah guru sebagai informan utama untuk memahami pengalaman mereka dalam melaksanakan Satua Bali. Sehingga menjadi dasar perencanaan restorasi, termasuk penyusunan kegiatan sosialisasi dan klinik Satua Bali guna meningkatkan pemahaman serta partisipasi anak-anak. Setelah observasi dan diskusi dengan guru tim klinik satua Bali melaksanakan sosialisasi untuk mengenalkan konsep restorasi Satua Bali kepada siswa dan meningkatkan minat mereka. Klinik Satua Bali dijalankan dengan menerapkan metode kualitatif menggunakan pendekatan Phenomenological Research agar peserta terlibat maksimal. Hasil dari klinik ini kemudian dicatat dalam buku “Restorasi Satua Bali” yang mencakup materi klinik satua Bali. Proses restorasi diteruskan dengan menggunakan media laptop untuk mengetahui satua Bali dengan jangkauan lebih luas, kemudian anak-anak diajak berkontribusi untuk mengikuti lomba Satua Bali sebagai wujud aplikasi praktis dari pembelajaran. Melalui pendekatan Phenomenological Research, restorasi Satua Bali di SD Negeri 3 Bebalang berhasil meningkatkan pemahaman budaya dan literasi anak-anak sehingga memberikan dampak positif pada pengembangan pendidikan budaya di sekolah SD Negeri 3 Bebalang.

 

Kata kunci: Satua Bali, Literasi

References

Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Susanti, L. M. A., & Rediani, N. N. (2022). Pelatihan Peningkatkan Keterampilan Literasi Melalui Balinese Folklore Berbantuan Media Call. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 97–103. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.46059

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data Dalam Metode Kualitatif Untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.23960/seandanan.v2i1.29

Uzair suhaimi. (2008). Focus Group Discussion. 282.

Published

2023-12-16

Citation Check