Pemanfaatan Ruang Terbuka Bawah Fly Over Kota Medan Sebagai Taman Kota

Authors

  • Dara Wisdianti Universitas Pembangunan Panca Budi, Jl. Jend. Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing, Kota Medan, Indonesia
  • Novalinda . Universitas Pembangunan Panca Budi, Jl. Jend. Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing, Kota Medan, Indonesia
  • Dewi Mahrani Rangkuty Universitas Pembangunan Panca Budi, Jl. Jend. Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing, Kota Medan, Indonesia
  • Muhammad Rafly Prasetya Universitas Pembangunan Panca Budi, Jl. Jend. Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing, Kota Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i3.2942

Keywords:

taman kota, fly over, olah raga, rekreasi.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk merubah persepsi yang umumnya berkembang di kalangan masyarakat terhadap ruang terbuka di bawah fly over. Selama ini, ruang tersebut sering dianggap sebagai tempat kumuh yang dijadikan lokasi pembuangan sampah liar, atau bahkan menjadi tempat berkumpulnya preman dan gelandangan. Hal ini menghasilkan citra negatif yang mengelilingi area tersebut. Melalui pengabdian ini, upaya dilakukan untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap ruang terbuka tersebut dan mengilhami mereka untuk melihat potensi yang ada. Pusat perhatian dalam pengabdian ini adalah konsep mengubah ruang terbuka di bawah fly over menjadi sebuah taman kota yang ramah masyarakat, yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul, berkegiatan, dan berinteraksi bagi masyarakat sekitarnya. Kegiatan pengabdian ini mencakup sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat sekitar tentang alternatif desain yang mungkin diimplementasikan dalam memanfaatkan ruang tersebut. Dengan pendekatan ini, masyarakat diajak untuk ikut serta dalam merancang taman kota yang diinginkan, sehingga proyek ini tidak hanya menjadi suatu inisiatif dari pihak eksternal, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. Hasil akhir dari pengabdian ini adalah berupa simulasi alternatif desain taman bawah fly over yang dihasilkan melalui kolaborasi antara para ahli desain dan masyarakat. Simulasi ini diharapkan dapat menjadi gambaran nyata tentang potensi perubahan yang dapat terjadi dalam ruang terbuka tersebut, serta mendorong masyarakat untuk mendukung dan terlibat dalam upaya mengubahnya menjadi sebuah aset yang bernilai bagi komunitas setempat. Dengan demikian, pengabdian ini bertujuan untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dan merangsang pemanfaatan ruang terbuka publik yang lebih baik

References

BORU, JEKY E. L. 2014. “KAJIAN PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN LAYANG JANTI (JANTI FLYOVER) TERHADAP PERKEMBANGAN TATA RUANG KAWASAN JANTI (Studi Kasus: Kawasan Janti, Desa Caturtunggal, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta).”

Djohan, Clara, and Petrus Rudi Kasimun. 2022. “PENGOLAHAN RUANG AKTIVITAS WARGA DENGAN METODE PROGRAM DI KOTA BAMBU UTARA.” Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa) 4(2):2615–30.

Nurkhalis, Nurkhalis. 2018. “Konflik Sosial ‘Pembongkaran Urban’Pada Pembangunan Fly Over Simpang Surabaya Banda Aceh.” Community: Pengawas Dinamika Sosial 3(2).

Zulkifli, Zulkilfli Siregar, and Sudirman Lubis. 2022. “Pendayagunaan Kawasan Bantaran Rel Kereta Api Dan Jembatan Layang Untuk Sarana Publik Kota Medan: Pendayagunaan Kawasan Bantaran Rel Kereta Api Dan Jembatan Layang Untuk Sarana Publik Kota Medan.” Jurnal Koridor 13(02):28–35.

Darmawan, Edy. 2009. Ruang Publik Dalam Arsitektur Kota. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Main, Bill & Gail Greet Hannah. 2009. Site Furnishing: a Complete Guide to The Planning, Selection, and Use of Landscape Furnture and Amenities. John Wiley & Sons, Inc.: New Jersey.

Untermann, Richard K,.1984. Accommodating The Pedestrian: Adapting Towns and Neighborhoods for Walking and Bicycling, Van Nostrand Reinhold Company Inc.: New York.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jntsa/article/view/16733

Published

2023-11-11

Issue

Section

Article

Citation Check