Pelatihan dan Penyusunan Video Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Digitalisasi

Authors

  • Teuku Junaidi Universitas Samudra, Indonesia
  • Rizkei Kurniawan FKIP Universitas Samudra, Jl. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Indonesia
  • Mauliza . FKIP Universitas Samudra, Jl. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Indonesia
  • Azrul Rizki FKIP Universitas Samudra, Jl. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Indonesia
  • Muhammad Taufik Hidayat FKIP Universitas Samudra, Jl. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Indonesia
  • Nuriana . FKIP Universitas Samudra, Jl. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2842

Keywords:

Pelatihan, Profil Pelajar Pancasila, Digitalisasi

Abstract

Pembelajaran di Indonesia sedang menuju fase baru. Adanya perubahan kurikulum Pendidikan di Indonesia menjadikan guru harus berinovasi lebih aktif dalam menyelenggarakan pembelajaran. Kurikulum yang dilaksanakan sekarang adalah kurikulum merdeka yang memberikan kebebasan kepada peserta didik dan guru untuk mengembangkan kemampuan. Kurikulum merdeka memungkinan siswa untuk memiliki karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Mitra dalam kegiatan pengabdian yaitu SMP Negeri 4 Langsa melalui kepala sekolah menegaskan bahwa masih banyak guru yang tidak mengerti konsep kurikulum merdeka. Selain itu, saat ini di SMP Negeri 4 juga sangat minim guru yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek di sekolah berbasis video maupun digitalisasi. Oleh karena itu, urgensi dalam pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada guru tentang kurikulum merdeka dan penguatan proyek profil pelajar Pancasila. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan teknis pembelajaran penguatan proyek profil pelajar Pancasila dengan metode digital kepada guru di SMP Negeri 4 Langsa. Peserta pengabdian ini adalah guru SMPN 4 Langsa yang berjumlah 20 Orang. Adapun kegiatan pelaksanaan pengabdian ini melalui tiga langkah yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pengabdian ini adalah guru-guru SMPN 4 Langsa dapat memanfaatkan secara optimal penggunaan video pembelajaran dalam Pembuatan Portofolio Digital serta mampu mengimplementasi pelaksanaan penguatan P5 di sekolah.

References

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R.Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2022; 4(1), 1544–1550.

Purnamasari, Ayu. Pelatihan Penyusunan Modul Ajar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika. Februari 2023; 2(2); 42-45

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2022; 6(3), 3613–3625.

Raharjo, R. Analisis Perkembangan Kurikulum Ppkn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. Pkn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 2020; 15(1), 63– 82.

Rosmana, P., Iskandar, S., Faiziah, H., Afifah, N., & Khamelia, W. Kebebasan Dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 2022; 4(1), 115–131.

Safitri, Andriani, Dwui Wulandari & Yusuf Tri Herlambang. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu; 2020; 6(4); 7076-7086.

Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A., Lingga, L. J., & Wijaya, H. Assessment In The Merdeka Curriculum: What The Teachers’ Perspectives On It? Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2023; 7(1).

Published

2023-12-08

Citation Check