Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Inovasi Batik Mangrove Sebagai Usaha Peningkatan Kualitas Dan Pendapatan Kelompok Tani Hutan Bakti Nyata Di DesaTanjung Rejo Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Rafida Khairani Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia, Indonesia
  • Purnama Yanti Purba Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia, Indonesia
  • Herlin Munthe Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2813

Abstract

Tujuan pelaksanaan program ini mengajak dan memberdayakan  Kelompok Ibu-Ibu Srikandi Bakti Nyata Desa Tanjung Rejo yang sebelumnya sudah bergerak dalam membudidayakan batik mangrove namun terhenti dan vakum karena kurangnya Sumber Daya Manusia terampil, tingginya daya saing di luaran dan kurangnya peralatan yang tersedia. Tujuan Pemberdayaan Masyarakat ini Melakukan pendampingan dan memfasilitasi dalam pembelajaran pembuatan batik mangrove oleh Srikandi Bhakti Nyata sebagai usaha ibu-ibu Desa Tanjung Rejo yang masih kekurangan akses dalam mempelajari pembuatan batik mangrove kemudian menjadikan sumber daya manusia yang terampil, melakukan pembelian peralatan dan melakukan membimbing pemasaran sampai digital marketing. Program ini terlaksan tanggal 16 September 2023 dengan pelaksaan Workshop Pelatihan Manajemen Sumber daya manusia, Enterpreneur, dan Pemasaran digital marketing dengan narasumber Ibu Purnama yanti Purba, S.E., M.M dan Bapak Ricky Rafi Ritonga. Kemudian tanggal 17 September 2023 pelatihan pembuatan batik mangrove oleh Ibu Siti Nurhalimah. 

References

Noor D. Geologi Lingkungan. yogyakarta: graha ilmu; 2006.

Purba dkk. Utilization Of Mangrove Plants In Increasing The Income Of Tanjung Rejo Village Communities Percut Sei Tuan District. Ekonomi. 11 (03):726–32.

Martuti D. Pemberdayaan Masyarakat Pesisir melalui penciptaan batik mangrove. 2021.

Ely. strategi pengelolaan ekosistem hutan mangrove Di negeri amahai. 2021.

Gunarto. Konservasi Mangrove Sebagai Pendukung Sumber Hayati Perikanan Pantai. Litbang Pertan. 2004;23 (1):15–21.

Irawati dkk. Aplikasi Pewarnaan Bahan Alam Mangrove Pada Kain Batik Sebagai Diversifikasi Usaha Masyarakat. 2020.

Majid dkk. Konservasi Hutan Mangrove Di Pesisir Pantai Kota Ternate Terintegrasi Dengan Kurikulum Sekolah. 2016.

Jamili. Diversifikasi Buah Mangrove menjadi Produk Olahan di Desa Tanjung Tiram, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. 2021.

Published

2023-12-08

Citation Check