Penerapan Metode Nyanyian pada Pembelajaran Tajwid di TPA Miftahul Jannah Desa Teluk Palinget

Authors

  • Nur Hayunnita Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia
  • Alvina Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia
  • Riski Novianti Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia
  • Sangra Devi Azzahrah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia
  • Dandi Saputra Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia
  • Muhammad Nasir Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i2.2781

Keywords:

Implementasi, metode nyanyian, ilmu tajwid, KKN, TPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak di TPA yang masih belum mengerti cara membaca Alqur’an dengan baik dan benar, serta tidak pernah belajar mengenai ilmu tajwid. Jika sejak dini belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai ilmu tajwid, maka akan sulit juga Ketika besar memahami hukum-hukum bacaan yang ada di dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, mahasiswa KKN mengadakan pembelajaran mengenai tajwid yang memakai metode yang menyenangkan dan memudahkan anak dalam membaca Al-Qur’an yaitu metode nyanyian. Tujuan penelitian ini adalah membantu anak-anak didik dalam memahami ilmu tajwid yang terkesan sulit untuk di pelajari dan untuk mempermudah penyampaian materi kepada anak didik sehingga anak didik akan dengan mudah menangkap materi yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan metode nyanyian dapat membuat anak-anak lebih antusias dan tidak mudah bosan untuk mengetahui tentang ilmu tajwid dan pembacaan yang baik dan benar saat membaca Al-Qur’an.

Author Biography

Nur Hayunnita, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Program Studi Tadris Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

References

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.73

Ayatina, H., Astuti, F. T., & Rahmah, P. J. (2020). Pengaruh Budaya Terhadap Sistem Pendidikan Taman Pendidikan Al Quran (Tpa): Studi Komparatif Tpa Al Muhtadin Dan Tpa Al Hidayah Di Yogyakarta. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.20885/khazanah.vol12.iss1.art11

Burhan, Nurhayati, & Aisa, A. (2022). Strategi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Dalam Menerapkan Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an Di Yayasan Islam Arrahimiyah. 2022, 6(2), 78–84.

Dzikrulloh, F., Haliza, N., Shaleha, C. N., & Budiman, B. (2022). Pendampingan Kepada Tpq Rumah Iqro Dengan Tema “Membaca Al-Qur’an Dengan Ilmu Tajwid.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15473

Faizah, E. N., Ramli, M., & Muthma’innah, M. (2023). Pendampingan Implementasi Kurikulum Pembelajaran Alquran Di Taman Pendidikan Al Quran Se-Kecamatan Batu Aji. SIGMA : Jurnal Sinergi Mengabdi, 1(1), Article 1.

Fauzia, S. N. (2015). Perilaku Keagamaan Islam Pada Anak Usia DinI: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.07

Hasanudin, M., & Santi Lisnawati. (2019). Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bogor. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1856810

Hidayat, S., Maya, R., & Sarifudin, S. (2018). Implementasi Metode At-Tahsin Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Hunafa Anak Shaleh Dan Shalehah Kecamatan Jagarkarsa Kota Jakarta Selatan. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.298

Husailah, N. F. (2020). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Majelis Taklim Terhadap Pemahaman Agama Islam Jamaah Majelis Taklim Se-Kecamatan Ngrambe Selatan, Kabupaten Ngawi Tahun 2020.

Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–33. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.331

Jamriah, J. (2022). Implementasi Pembinaan Akhlak Di Taman Pendidikan Alquran Al-Hijrah Desa Lombok Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser [Tarbiyah dan Keguruan]. https://idr.uin-antasari.ac.id/18669/

Laily, F. N., & Maesurah, S. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Dan Pemahaman Siswa Tpq Atas Pelafalan Makhorijul Huruf Dan Ilmu Tajwid Di Desa Baureno, Jatirejo, Mojokerto. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 7(2), Article 2.

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502

Maysara, N. W., Muslimah, M., & Wahdah, N. (2022). Pelatihan Tenaga Pendidik TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) Di Sidomulyo Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.724

Noor, T. R. (2019). Remaja Dan Pemahaman Agama. Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 3(2), Article 2.

Norhelda, N. (2021). Implementasi Metode Iqro Pada Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Di Banjarmasin [Masters, Pascasarjana]. https://idr.uin-antasari.ac.id/19656/

Novianti, I. & Sri Watini. (n.d.). View of Penerapan Metode Bernyanyi “Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di Paud Al-Hikmah Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Retrieved August 30, 2023, from http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/129/107

Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Terhadap Anak Didik. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i1.567

Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Program Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Untuk Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(2), Article 2.

Pantun, R. (2016). Penggunaan Teknik Nyanyian Dalam Meningkatkan Kefahaman Murid Tahun Dua Dalam Topik Pembundaran: Proceedings of The ICECRS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.541

Prasmanita, D., Abdul Khamid, Rif’ah Munawaroh, & Ahmad Zamroni. (2020). View of Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/38/39

Rianti, Hayani, S., Hidayati, I. N., Kurniati, R., & Mufidah, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2963

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(1), Article 1.

Setiawan, D., Rusdi, A., & Putri, V. A. (2017). Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Al-Fattah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 170–184. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1650

Slamet, S. (2020). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Kelas 7 MTS Ma’arif Suka Slamet Indramayu. Syntax Idea, 2(11), Article 11. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v2i11.731

Sulistiani, W., & Murniyetti, M. (2022). Implementasi Pendidikan Ibadah dalam Program Didikan Subuh Taman Pendidikan Alquran (TPA). An-Nuha, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.181

Syaifullah, A., Farah Maulida Rahmah, Fathatus Salamah, & Triana Srisantyorini. (n.d.). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Quran Untuk Mengembangkan Bacaan Al-Quran. Retrieved August 30, 2023, from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10844/6132

Waslah, W., Chotimah, C., Hasanah, F., & A, M. A. M. (2020). Pelatihan Pembelajaran Tajwid di TPQ Al Hidayah Desa Brodot Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1.

Published

2023-12-12

Citation Check