Peningkatan Produktifitas Kerajinan Lidi Berbasis Pendampingan Desain dan Pemasaran Online

Elin Herlina, Dini Yuliani, Mukhtar Abdul Kader, Deden Syarifudin

Abstract


Mitra dalam PKM merupakan dua kelompok usaha mikro pengrajin anyaman lidi di Desa Kawasen Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis yaitu Wiradhana Raharja berlokasi di Dusun Panimban dan Batukurung Sejahtera. Masalah yang dihadapi mitra saat ini adalah keberlangsungan pengembangan usaha mikro ini kurangnya pengetahuan manajemen usaha. Desain yang dikuasai oleh mitra masih sedikit hanya empat desain yang dikerjakan sangat rentan terhadap persaingan, disisi lain media pemasaran masih menggunakan komunikasi personal serta kurangnya kerjasama dan dukungan dari lingkungan diluar kelompok anyaman lidi. Solusi yang ditawarkan dalam pengembangan mitra usaha anyaman lidi dalam kegiatan pendampingan adalah; meningkatkan pengetahuan mengenai produksi; meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha; dan meningkatkan pengetahuan desain dan teknologi pemasaran online. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan telah meningkatkan pengetahuan mitra sehingga dapat mengelola usahanya dengan baik melalui menejemen usaha, mulai dari manajemen produksi, manajemen pembukuan, dan manajemen pemasaran. Melalui pelatihan desain, mitra dapat mengelola website secara bersama menambah dan mengisi konten baru dibawah koordinasi desa sehingga meningkatkan peran desa sebagai regulasi dalam kewirausahaan produk unggulan desa. Kegiatan ini memberikan kotribusi bagi peningkatan pengetahuan mitra, peningkatan koordinasi antar pelaku usaha, peningkatan sociopreneurship dan difusi teknologi.

Keywords


peningkatan, produktifitas, kerajinan lidi, pendampingan desain, pemasaran online

References


Hadiyati, E. (2009) ‘Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(2), p. pp.183-192.Available at: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/17975.

Herlina, E. (2014) ‘Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Model Kerjasama Usaha Menengah Kecil dan Mikro Dengan Usaha Besar di Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis’, Ekonologi, 1(April), pp. 71–81.

Herlina, E., Syarifudin, D., & Nurdiana, M. (2018). Knowledge Transfer Dalam Konteks Spatial Creative Economy untuk Mengurangi Kemiskinan Perdesaan di Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, Vol 5 No 1 , 273-282. http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i1.1357.g1116.

Karsidi, R. (2007) ‘Pemberdayaan masyarakat untuk usaha kecil dan mikro (Pengalaman Empiris di Wilayah Surakarta Jawa tengah)’, Jurnal Penyuluhan, 3(2). doi: http://dx.doi.org/10.25015/penyuluhan.v3i2.2161.

Mahastanti, L. A., Nugrahanti, Y. W. and Hartini, S. (2013) ‘Model Transfer Knowledge Usaha Kecil Menengah dalam Menciptakan Inovasi Produk (Studi Kasus Usaha Kerupuk Kabupaten Tuntang Semarang)’, in Suroso, A. (ed.) Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-3). Purwokerto: Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Soedirman, pp. 1–17.

Said, A. M. F. (2015) Strategi Pemberdayaan UMKM Pada Dinas Koperindag Kabupaten Maros (Studi Kasus Pada Sektor Perdagangan). Universitas Hasanudin, Makasar.

______________(2015) Monografi Desa Kawasen. Pemerintah Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jpkm.v8i2.269

Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT



Indeksasi:

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nusantara Bandung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

View My Stats