Respon Guru SD Terhadap Pelatihan Pembelajaran Matematika Inovatif Berbasis STEM dan Digital Learning di Desa Cipondok Kabupaten Kuningan

Authors

  • Sulistiawati .
  • Eliva Sukma Cipta Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Effie Efrida Muchlis
  • Syafdi Maizora
  • Ricki Yuliardi
  • Siska Firmasari
  • Zatman Payung
  • Yaya Sukjaya Kusumah
  • Nurjanah .
  • Dadang Juandi

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2486

Keywords:

digital learning, pelatihan pembelajaran matematika, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana respon guru terhadap pelatihan pembelajaran matematika inovatif berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan digital learning. Penelitian ini Bertempat di SDN 2 Cipondok dengan pesertanya adalah guru yang berasal dari SDN 1 Cipondok, SDN 2 Cipondok, dan MI Cipondok, Kabupaten Kuningan sebanyak 28 orang. Dari ke-28 orang tersebut hanya 12 orang yang bersedia memberikan respon terkait pelatihan. Respon guru tentang pelatihan dilihat dari tanggapan mereka mengenai sikap terhadap pembelajaran berbantuan teknologi dan STEM; sikap guru terhadap pembelajaran matematika berbantuan alat peraga; sikap guru terhadap pembelajaran matematika berbantuan power point interaktif; sikap guru terhadap pembelajaran matematika berbantuan program scratch, dan minat guru terhadap pelatihan selanjutnya. Angket disusun menggunakan bentuk skala Likert dengan 5 pilihan jawaban dan diberikan skor 5, 4, 3, 2, dan 1 untuk setiap butir angket. Analisis data menggunakan persentase respon kemudian dilakukan kategorisasi untuk melihat apakah responnya berada pada kriteria sangat baik, baik, sedang, jelek, dan sangat jelek. Hasil yang diperoleh adalah guru memberikan respon yang baik terhadap pelatihan pembelajaran matematika inovatif berbasis STEM dan digital learning

References

Budiaji, W. (2013). The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy

Bullock, E. P., Roxburgh, A. L., Moyer-Packenham, P. S., Bektas, E., Webster, J. S., & Bullock, K. A. (2021). Connecting the dots: Understanding the interrelated impacts of type, quality and children’s awareness of design features and the mathematics content learning goals in digital math games and related learning outcomes. Journal of Computer Assisted Learning, 37(2), 557–586. https://doi.org/10.1111/jcal.12508

Darmiany, D. (2016). Self-regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 72. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2015

Furner, J. M., & Duffy, M. Lou. (2022). Addressing Math Anxiety in a STEM World: Preventative, Supportive, and Corrective Strategies for the Inclusive Classroom. European Journal of STEM Education, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.20897/ejsteme/12645

Hoffman, A. J., McGuire, L., Rutland, A., Hartstone-Rose, A., Irvin, M. J., Winterbottom, M., Balkwill, F., Fields, G. E., & Mulvey, K. L. (2021). The Relations and Role of Social Competencies and Belonging with Math and Science Interest and Efficacy for Adolescents in Informal STEM Programs. Journal of Youth and Adolescence, 50(2), 314–323. https://doi.org/10.1007/s10964-020-01302-1

J. Elizabeth Richey, Jiayi Zhang, Rohini Das, Juan Miguel Andres-Bray, Richard Scruggs, Michael Mogessie, R. S. B. & B. M. M. (2021). Gaming and Confrustion Explain Learning Advantages for a Math Digital Learning Game. 342–355. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-78292-4_28

Jiang, S., Simpkins, S. D., & Eccles, J. S. (2020). Individuals’ math and science motivation and their subsequent STEM choices and achievement in high school and college: A longitudinal study of gender and college generation status differences. Developmental Psychology, 56(11), 2137–2151. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/dev0001110

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeda.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. In Jakarta: Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.

Ng, C. T., Chen, Y. H., Wu, C. J., & Chang, T. T. (2022). Evaluation of math anxiety and its remediation through a digital training program in mathematics for first and second graders. Brain and Behavior, 12(5), 1–17. https://doi.org/10.1002/brb3.2557

Sulistiawati, Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2021). Penggunaan Information Communication and Technology (ICT) Tools dalam Mendukung Pembelajaran Matematika Interaktif. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1033–1054. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1033-1054.

Sulistiawati, S., Juandi, D., & Yuliardi, R. (2021). Pembelajaran Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Perkuliahan Pra-Kalkulus 1. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 82. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4727

Sulistyawati, E., Faizah, L., Nisa, I., & Putra, I. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Stem Rumah Hidrolik Di Tinjau Dari Hasil Belajar Dan Respon Siswa Terhadap Matematika. Factor M, 3(2), 125–138. https://doi.org/10.30762/factor-m.v3i2.2611

Wangid, M. N., Putra, C. A., & Rudyanto, H. E. (2021). The Science-Math Stories Based on Digital Learning: Digital Literacy Innovation in Increasing Ability to Solve Problems. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(9), 94–107. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i09.22039

Widiyatmoko, A., Taufiq, M., Dewi, N. R., Darmawan, M. S., Lissaadah, L., & Saputra, A. (2022). Pelatihan Digitalisasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM pada MGMP Guru IPA Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 2(2), 47–53. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59102

Zulkarnain, Z., Heleni, S., & Thahir, M. (2020). Digital literacy skills of math students through e-learning in COVID-19 era: A case study in Universitas Riau. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012015

Zuryanty, Hamimah, Kiswanto Kenedi, A., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=zaAaEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=Z8QiRXkRYM&dq=pembelajaran STEM&lr&pg=PP1#v=onepage&q=pembelajaran STEM&f=false

Published

2023-07-14

Issue

Section

Article

Citation Check

Most read articles by the same author(s)