Pelatihan Penggunaan E-Learning Platform Wordwall Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Terap

Authors

  • M Iqbal Arrosyad Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Hevitria Hevitria Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2471

Keywords:

Pelatihan E-learning platform Wordwall, Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan evaluasi pembelajaran jarak jauh sangat kurang dan bahkan belum pernah dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 4 Terap. Hal itu dikarenakan guru-guru terbatas pengetahuan terkait media pembelajaran berbasis platform online atau aplikasi pembelajaran.  Mengetahui hal itu guru-guru di Sekolah Dasar sudah seharusnya mengetahui cara menggunaan E-learning platform Wordwall sebagai alternatif media evaluasi pembelajaran jarak jauh. Tujuan pengabdiannya ini melatih E-learning platform Wordwall sebagai alternatif media evaluasi pembelajaran jarak jauh bagi guru Sekolah Dasar Negeri 4 Terap. Metode pengabdian ini menggunakan metode pelatihan terstruktur dengan teknik ceramah, praktek, dan Tanya jawab. Pengabdian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 4 Terap selama 1 Bulan dengan rincian kegiatan, persiapan, perijinan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian berupa pelatihan didapat bahwa persiapan dilakukan dengan membuat modul dan video pelatihan. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik dengan susunan acara dan narasumber dari tim pengabdian. Selanjutnya evaluasi dilaksanakan dengan menyelesaikan tugas media E-learning platform Wordwall oleh peserta.

References

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6378–6384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1758

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2022). Pengembangan Digital Tranformasi Role Playing Games (RPG) Base Learning pada Pendidikan Kemuhammadiyah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3462–3472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2626

Arrosyad, M. I., Nugroho, F., & Saputra, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Quran Qorner. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 124–130.

Arrosyad, M. I., Suryadin, A., & Prayitno, H. J. (2020). Flip Fabric and Name Board (Case Study in Pangkalpinang City, Bangka Belitung Islands). Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 44. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i1.6551

Hevitria, Yuanita, & Arsisari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Cendekiawan, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.228

Ilmasari, F., & Alhadi, S. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah Di Sd Muhammadiyah Sangonan 2. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1), 19. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.677

Iqbal, M., Yusrizal, Y., & Subianto, M. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisikapada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Siswa Sma Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 20–24.

Kurniasi, E. R., Hevitria, H., Pitriyana, S., Fuziani, M., Wulandari, W., & Alghadari, F. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Caklingking Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Siswa SD. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1023

M Iqbal Arrosyad, Z. F. (2022). Actualization Of Integrated Learning During The Covid-19 Pandemic In Elementary Schools. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 14(1), 80–94. https://jurnal.albidayah.id

Mariyani, A., Arrosyad, M. I., Utomo, S., & Sumarmi. (2021). Pembelajaran Cara Cepat Belajar Matematika Di SDN 01 Dan 05 Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Abdi Masya, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.134

Nazilah, Romadon, M. I. A. (2022). Pemeriksaan Efektivitas Pembelajaran Online Via Whatsapp Siswa Kelas 5 SDN 25 Rukam Dalam Pandemi Covid-19. Cendekiawan VOL, 4(2), 68–77. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.237

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Impelementasi pelatihan hidroponik untuk peningkatan kemampuan pendidikan karakter di desa jelutung. AbdiMuh : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–22.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2021). the Implementation Blended Learning Method Using Articulated Storyline in Class 4 Fraction Learning, Muhammadiyah Primary School, Pangkalpinang. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.33019/berumpun.v4i1.46

Siregar, F. R. (2018). Nilai-Nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1(1), 129–139. https://doi.org/10.24952/gender.v1i1.777

Suhartono, S., Atnuri, A., & Lestari, B. B. (2020). Peningkatan kesadaran pentingnya pendidikan keluarga melalui pelatihan parenting di Desa Kauman Kecamatan Sedayu Kabupaten Gresik. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 85–94. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2238

Published

2023-07-19

Issue

Section

Article

Citation Check